DhohoTV - Sosial

Tekan Laka Pelajar Dengan Bersepeda Nganjuk

Oleh : redaksi Jumat, 17 Maret 2017

Keterangan : Angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar di kabupaten nganjuk, meningkat 30 persen dari tahun 2015 hingga 2016. Meningkatnya angka kecelakaan disebabkan banyaknya pelajar yang belum cuku

Bagikan

Dengan membawa sepeda angin, ratusan pelajar sekolah setingkat s-m-p dan s-m-a berkumpul di halaman polres nganjuk, jumat pagi.  Mereka mengikuti program yang diluncurkan polres nganjuk, polisi gowes antar pelajar sekolah dengan sepeda. Dipimpin kapolres nganjuk akbp joko sadono, ratusan pelajar yang akan berangkat kesekolah tersebut di dampingi polisi untuk pergi kesekolahnya masing-masing.

Kapolres mengaku, prihatin dengan meningktanya penggunaan sepeda motor yang digunakan pelajar smp,  dan sma selama ini. Selain tidak cukup umur dan tidak memiliki surat ijin mengemudi, pelajar sering kali terlibat kecelakaan dan menjadi korban laka lantas.

Data kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar dalam kurun waktu dua tahun meningkat hingga 30 persen, tahun 2016 laka yang melibatkan pelajar  sebanyak 217 kejadian , selain menyebabkan luka ringan dan berat,  banyak pelajar yang meninggal dunia akibat kecelakaan ini.  Dengan membudayakan menggunakan sepeda angin diharapkan aakan menekan angka kecelakaan lalu linta yang melibatkan pelajar,  selain itu juga membuat elajar menjadi lebih sehat dengan bersepeda angin.
 
Salah satu siswa mengaku,  ia selama ini lebih memilih menggunakan sepeda angin karena dinilai lebih aman dibanding sepeda motor. Karena menggunakan sepeda motor memiliki tingkat laka yang lebih tinggi.

Program ini dilakukan secara menyeluruh di semua polsek jajaran,  dan dilaksanakan serentak sejak hari ini,  dan akan dilaksanakan berkelanjutan. Dari Nganjuk Komarudin.