DhohoTV - Sosial

Hilangkan Trauma , Hadirkan Bioskop Keliling Di Pengungsian Trenggalek

Oleh : redaksi Selasa, 14 Maret 2017

Keterangan : Sepekan lebih , pasca kejadian tanah longsor dan pergerakan tanah yang terjadi di dusun pakel, kecamatan tugu, kabupaten trenggalek , jawa timur, ratusan warga masih menungsi . Untuk mengurangi

Bagikan

Kehadiran bioskop keliling di lokasi pengungsian warga di dusun pakel ,  desa prambon , kecamatan tugu , kabupaten trenggalek,  jawa timur ,  mendapat sambutan yang cukup antusias dari warga . Para pengungsi yang rumahnya terancam longsor susulan ini ,cukup menikmati setiap film yang di putar dinas pendidikan , dan kepolisian polres trenggalek.  

Menurut salah seorang pengungsi , kehadian bioskop keliling ini,  menjadi hiburan tersendiri bagi seluruh pengungsi,  sehingga setidaknya dapat mengobati kesedihan masyarakat yang ada dipengungsian.  

Sementara ,  bioskop keliling ini , sengaja dihadirkan pemerintah maupun kepolisian,  untuk mengurangi trauma warga dusun pakel,  atas kejadian pergerakan tanah yang berada di lereng di atas perkampungan warga . Diharapkan dengan pemutaran film tersebut, dapat memberikan semangat bagi seluruh pengungsi .

Tidak hanya sekedar menghadirkan bisokop keliling , aparat kepolisian juga melakukan pendekatan dan komunikasi khususnya dengan anak-anak,  dan warga di pengungsian .

Sebelumnya ,  tanah longsor dan pergerakan tanah ,terjadi di lereng perbukitan yang ada di atas perkampungan warga ,  dan akibatnya puluhan rumah penduduk terancam . Untuk menghindari kerugiian yang lebih besar,  dan jatuhnya korban jiwa , 165 warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman ,serta puluhan rumah juga telah dikosongkan. Dari Trenggalek Nada Wianto.