DhohoTV - Sosial

Atur Strategi Di Saat Harga Telur Anjlok Agar Peternak Ayam Petelur Tetap Bertahan Tidak Gulung Tikar Tulungagung

Oleh : redaksi Jumat, 10 Maret 2017

Keterangan : Anjloknya harga telur ayam ras dipasaran, berimbas terhadap peternak ayam petelur di tulungagung, jawa timur, yang terancam gulung tikar. Saat ini, harga telur di tingkat peternak, sebesar 13 ribu 500

Bagikan

Sejak beberapa hari terakhir, anjloknya harga telur ayam ras dipasaran, membuat sejumlah peternak ayam petelur, di tulungagung, jawa timur, merugi dan terancam gulung tikar. Saat ini, harga telur ayam di tingkat peternak 13.500 rupiah per kilogram, di mana dengan harga tersebut, belum bisa menutup biaya pemilaharaan, diantaranya ransum pakan ayam dan pekerja.
Untuk memperoleh keuntungan dari hasil ternak ayam petelur, setidaknya harga telur dari tingkat peternak, yakni 15 ribu rupiah per kilogram, dan itupun peternak belum mendapatkan keuntungan, hanya untuk menutupi biaya pemiliharaan saja.
Menurut salah seorang peternak ayam di sentra peternakan ayam petelur di desa bangoan, kecamatan kedungwaru, anjloknya harga telur ini, di picu melimpahnya stok telur ayam dipasaran, terutama adanya salah satu produsen pakan ternak ayam, juga beternak ayam petelur dengan volume jutaan ekor.

Untuk mencegah kerugian yang lebih besar, para peternak melakukan afkir dini terhadap ayam yang di pelihara. Jika dalam kondisi normal, ayam di afkir setelah produksi turun hingga 50 persen, namun saat ini, capaian produksi 70 persen sudah di afkir. Sedangkan ayam petelur afkir, di jual seharga 14.00 rupiah per kilogram, dan hal tersebut terpaksa dilakukan, untuk menekan biaya pakan.
Selain itu, untuk menekan biaya pemeliharaan, peternak juga mengurangi tenaga kerja, dan mengurangi jumlah waktu lampu penerangan di kandang, biasanya lampu penerangan menyala selama 12 jam, kini hanya 4 jam. Sedangkan untuk ransum pakan ayam dan asupan vitamin, peternak tidak berani mengurani, karena akan berakibat pada menurunnya produksi dan kualitas telur.

Jika kondisi harga telur ayam tetap rendah hingga beberapa bulan ke depan, dikhawatirkan akan banyak peternakan ayam petelur yang gulung tikar. Peternak berharap, adanya regulasi yang mengatur, untuk menjaga kestabilan harga telur ayam dipasaran. Dari Tulungagung Nada Wianto.