DhohoTV - Sosial

Antisipasi Penyalah-Gunaan Ijin Tinggal Wna Di Blitar Imigrasi Gelar Rapat Koordinasi Pengawasan Orang Asing Blitar

Oleh : redaksi Senin, 27 Februari 2017

Keterangan : Guna mencegah penyalahgunaan ijin tinggal bagi warga asing, kantor imigrasi kelas 2 blitar membentuk tim pengawasan orang asing (timpora) dengan melibatkan instansi pemerintah serta aparat penegak huk

Bagikan

Meminimalisir penyalahgunaan ijin tinggal orang asing di wilayah blitar, kantor imigrasi kelas 2 blitar mengadakan rapat tim pengawasan orang asing (timpora). Dalam rakor timpora ini, juga melibatkan birokrasi pemerintahan, kepolisian, dan juga tentara nasional indonesia.
Keberadaan warga negara asing di indonesia, khususnya di kabupaten blitar perlu mendapat perhatian semua pihak. Dilihat dari posisi yang sangat strategis, sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang, maka sangat potensial diboncengi oleh kepentingan lain secara ilegal, dan tidak bertanggung jawab. Misalnya perdagangan manusia, serta kepentingan bernuansa politik, ekonomi, sosial budaya yang dapat mengancam stabilitas negara dan daerah.

Bupati blitar, rijanto juga sangat mendukung langkah dari timpora, yang diharapkan mampu mengantisipasi, mengawasi serta mencegah terjadinya penyalah-gunaan ijin tinggal bagi wna. Selain itu, juga untuk mencegah perdagangan manusia atau trafficking.

Menurut i gede nyoman surya mataram, kepala kantor imigrasi kelas ii blitar, sesuai dengan data di kantor imigrasi, pihaknya mencatat ada 192 wna yang berada di wilayah hukum imigrasi blitar. Dan rata-rata wna tersebut berasal dari thailand dan malaysia.
192 wna tersebut, tersebar di kabupaten dan kota blitar, serta kabupaten tulungagung. Dari Blitar Moh Aji.