DhohoTV - Sosial

Dinas Pertanian Trenggalek Temukan Kasus Suspek Antraks Serang Sapi Dan Warga Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Rabu, 22 Februari 2017

Keterangan : Dinas pertanian dan pangan kabupaten trenggalek, jawa timur, menemukan kasus suspek antraks yang menyerang sapi dan manusia. Untuk mencegah penyebaran, saat ini dilakukan penyuntikan massal terhadap h

Bagikan

Kasus dugaan antraks terjadi pada sapi milik toimin, warga desa ngepeh, kecamatan tugu, trenggalek, jawa timur, saat itu sapi dalam kondisi sakit, dan ketika dilakukan penyembelihan, diketahui  organ dalam sapi mengalami pembengkakan, selain itu darah sapi berwarna hitam.

Toimin, mengatakan selain menyerang sapi penyakit juga menyerang dirinya, salah satu jari tangan yang mengalami luka tiba-tiba mengalami pengengkakan dan tidak kunjung sembuh. Akhirnya kasus tersebut dilaporkan ke instansi terkait.
Bahkan menurutnya, selama kurun waktu setahun terakhir sudah empat ekor sapinya yang mengalami kejadian serupa.

Sementara itu, petugas kesehatan  kesehatan hewan dinas pertanian dan pangan trenggalek, mengindentifikasi penyakit yang menyerang sapi di desa ngepeh tersebut, di duga kuat adalah antraks, karena dari ciri-ciri yang ada, mengarah pada penyakit tersebut. Namun untuk menentukan secara pasti jenis penyakit yang menyerang, pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium balai veteriner, terhadap sampel tanah dan kotoran sapi.

Saat ini, untuk menecegah penyebaran suspek antraks, dinas pertanian dan pangan trenggalek, melakukan penyuntikan massal terhadap sapi dan kambing di desa ngepeh. Seluruh kambing yang masuk zona merah, kuning dan hijau diberikan suntikan antibiotik. Selain itu, petugas juga meminta masing-masing peternak untuk melakukan penyemprotan desinfektan pada kandang sapi dan kambing.

Masyarakat di minta untuk segera melapor ke petugas kesehatan hewan, apabila terhadap kasus kematian sapi maupun kambing secara mendadak, sehingga bisa segera dilakukan penanganan dan penelitian lebih lanjut. Dari Trenggalek Nada Wianto.