DhohoTV - Sosial

Pasca Temuan Suspek Antraks Lalu Lintas Ternak Dibatasi Peternak Kosongkan Kandang Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Rabu, 22 Februari 2017

Keterangan : Pasca penemuan kasus sapi dan warga yang suspek bakteri antraks, dinas pertanian dan pangan kabupaten trenggalek, jawa timur, meminta warga yang berada di zona rawan tidak melakukan transaksi sapi dan

Bagikan


Sterilisasi ternak sapi dan kambing, yang dilakukan petugas kesehatan hewan dinas pertanian dan pangan trenggalek, jawa timur, penting dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran kasus dugaan antraks, ke daerah lain maupun sebaliknya. Selain itu, dengan pengetatan keberadaan hewan ternak akan mempermudah proses penanggulangan.

Meskipun belum ada hasil resmi uji laboratorium balai veteriner kementerian pertanian, pemkab trenggalek, telah melakukan langkah ketat sesuai dengan standar  opersional prosedur penangan dugaan antraks. Mengingat seluruh ciri-ciri sapi yang sakit dan mati mengarah pada serangan antraks.

Sementara itu, khusus untuk peternakan milik toimin, yang ditemukan suspek kasus antraks, saat ini telah dikosongkan. Toimin juga menghentikan sementara aktivitas jual beli hewan ternak sapi di wilayah trenggalek maupun luar kota.

Sebelumnya kasus dugaan antraks pertama kali muncul dipeternakan milik toimin, saat itu dua ekor sapi yang mengalami sakit dilakukan penyembelihan, hasilnya, organ dalam sapi, seperti limpa dan beberapa yang lain, mengalami pembengkakan, serta darah sapi berwarna hitam.

Kasus dugaan antraks tersebut, tidak hanya menyerang sapi, namun toimin yang saat itu melakukan penyembelihan mengalami luka bengkak pada jari tangan dan tidak kunjung sembuh. Dari Trenggalek Nada Wianto.