DhohoTV - Sosial

Tebing Jalan Desa Longsor Nyaris Putuskan Akses Transportasi Warga Di Dua Desa Tulungagung

Oleh : redaksi Kamis, 16 Februari 2017

Keterangan : Sebuah tebing akses jalan desa di tulungagung, jawa timur, rabu petang kemarin, tiba-tiba longsor, setelah di guyur hujan seharian, akibatnya seluruh bahu jalan ikut terbawa longsor, yang nyaris putus

Bagikan

Akibat di guyur hujan seharian, tebing akses jalan desa di desa picisan, kecamatan sendang, tulungagung, jawa timur, tiba-tiba longsor, yang sebelumnya terdapat tanda-tanda, tanah sekitar jalan retak-retak. Sehingga longsor ini, menyebabkan seluruh bahu jalan sepanjang 40 meter, ikut terbawa longsor, yang juga nyaris putuskan akses transportasi warga dua desa, yakni desa picisan dan desa nyawangan.
Tidak hanya, nyaris putuskan akses tranportasi dua desa, longsor sedalam 25 meter, juga mutuskan saluran draenase, serta menyeret sebuah tempat kerja membuat mebel. Untuk menghindari jatuh korban, karena jalan tersebut ramai lalu lalang warga, bahu jalan yang longsor di pasang pagar batas, dari bambu.

Menurut yanto, kepala dusun picisan, bahwa longsor tersebut, selain disebabkan karena intensitas curah hujan yang tinggi disekitar desa picisan, juga karena tidak adanya saluran draenase di tepi jalan, sehingga air hujan mengalir ke jalan yang telah rusak parah, dan sebagian meresap kedalam tanah.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi longsoran, yang dapat putuskan akses transportasi warga dua desa, warga sekitar beramai-ramai bergotong royong, memasang tanggul dari sak plastik di isi tanah, diletakkan di tepi jalan yang lonsor. Jika benar-benar putus, warga di dua desa tersebut, terpaksa harus memutar sejauh 15 kilometer, melewati kecamatan karangrejo.
Saat ini, warga hanya beisa berharap kepada pemerintah setempat, agar bahu jalan yang longsor, serta jalan desa yang rusak parah sepanjang 3 kilometer, segera diperbaiki. Dari Tulungagung Nada Wianto.