DhohoTV - Sosial

Dua Kecamatan Terendam Banjir Nganjuk

Oleh : redaksi Rabu, 15 Februari 2017

Keterangan : Sepuluh desa di dua kecamatan di kabupaten nganjuk, jawa timur, terendam banjir dengan ketinggian bervariasi. Selain disebabkan karena curah hujan tinggi yang mengguyur selama beberapa jam, banjir jug

Bagikan

Ketinggian banjir bervariasi, mulai dari 30 sentimeter hingga satu meter, akibatnya ratusan rumah di 10 desa tersebut banyak terendam banjir. Warga yang rumahnya terkena banjir berusaha embendung air dengan menempatkan karung berisi pasir di pintu rumah, agar banjir tidak terus masuk kedalam rumah. Sementara benda-benda berharga ditempatkan ketempat yang lebih tinggi agar tidak terhanyut.

Selain menggenangi pemukiman, banjir juga menyebabkan akses jalan penghubung kecamatan dan juga penghubung desa ikut terendam. Sawah milik petani yang ditanami tanaman padi dan juga bawang merah juga ikut terendam banjir.
Menurut warga, banjir datang setelah hujan dari sore mengguyur selama kurang lebih empat jam, akibatnya sungai di wilayah rejoso meluap, dan menyebabkan banjir. Selain itu juga disebabkan adanya tanggul sungai yang jebol akibat tidak kuat menahan debit air yang cukup besar.

Sementara itu data yang ada di tagana, banjir yang terjadi di 10 desa tersebut terjadi di desa sambikerep, musir lor, musir kidul, banjarejo, rejoso, klagen, jatirejo, dan tugu, yang berada di wilayah kecamatan rejoso. Sementara di kecamatan pace terjadi di desa joho, dan jugadesa  pace.
Banjir yang terjadi kali ini merupakan banjir terbesar dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Beruntung air mulai surut, setelah banjir menggenangi pemukiman warga lebih dari lima jam. Dari Nganjuk Komarudin.