DhohoTV - Sosial

Air Terjun Sarangawan, Shower Raksasa Pancarkan Keindahan Alam Dan Tumbuhkan Asa Warga Tulungagung

Oleh : redaksi Selasa, 14 Februari 2017

Keterangan : Juntaian air, terjun dari bukit setinggi 50 meter, menghunjam , pancarkan semprotan air , bak shower raksasa di tengah rimbunan hutan hijau , dan asri . Keindahan panorama itulah , yang ditawarkan o

Bagikan

Meski harus melalui jalan desa yang sebagian kondisinya rusak berat , dan berjarak tempuh sekitar 31 kilometer , menuju kearah barat dari pusat kota ,  namun perjalanan menuju rintisan wisata alam air terjun sarangawan,  di dusun sengon , desa kradinan, kecamatan pagerwojo , masih cukup terhibur dengan rindangnya pohon mauni , pohon pinus, serta rumpunan bambu , disepajang pinggir jalan.

Untuk sampai di lokasi air terjun sarangawan , anda juga harus berjalan kaki dulu sejauh sekitar 600 meter , menyusuri jalan setapak yang licin dan terjal , serta curam, yang sedikit menguras tenaga dan andernalin , karena jalannya yang licin.  Akan tetapi , sesampai di air terjun sarangawan , yang berada di petak 8-a k-p-h kediri , rasa lelah anda akan terbayar , dengan melihat juntaian air terjun sarangawan , yang ada dicerukan perbukitan pinus , serta panorama alam disekitarnya.

Meski debit air yang berasal dari mata air surudumung , tidak begitu deras , namun ketika anda tepat berada di bawah air terjun sarangawan , akan merasakan semprotan air , bak berasal dari shower raksasa , mengalir dari rerimbunan semak bukit . Selain, merasakan dinginnya , air pegunungan , anda juga mendengarkan suara gemericik air yang jatuh menimpa bebatuan di kolam yang tidak begitu dalam,  sehingga sangat cocok untuk berendam diri , sambil berelaksasi.

Karena air terjun sarangawan , yang berada dicerukan perbukitan , para pengunjung dan melihat dinding tebing yang membentuk relief , dengan tetesan air , yang mengalir dari sela-sela bebatuan .  Jika belum puas , menikmati semprotan air , dari shower raksasa ini , pengunjung dapat meniti tebing di balik air terjun , dan dipastikan akan melihat eksotika panorama alam , bak dari di balik tirai.

Menurut kepala desa kradinan , eko sujarwo , air terjun sarangawan,  merupakan wisata alam rintasan yang di buka pada bulan agustus lalu , meski demikan pemandangan alam yang disajikan , cukup indah , dam asri , karena hutan disekitar lokasi air terjun masih terjaga dengan baik . Selain berwisata , di sini pengunjung dapat berolah raga jalan kali , sejauh 600 meter , dengan medan jalan yang bervariasi.

Sementara itu , warga , berharap dengan dibukanya wisata alam air terjun sarangawan ini , dapat menumbuhkan harapan baru perekonomian warga sekitar , memanfaatkan ramainya pengunjung wisata, dengan membuka warung makanan dan minuman , serta souvenir . Meski destinasi wisata baru , namun air terjun sarangawan , mampu menyedot pengunjung , yang rata-rata setiap hari minggu atau hari libur sebanyak 20 hingga 25 orang.

Agar dapat menyedot pengunhung yang lebih banyak lagi, kini sejumlah warga secara bergotong royong , melakukan pembenahan di sekitar lokasi wisata alam air terjun sarangawan , agar terlihat lebih cantik , sehingga para pengunjung betah di tampat ini, menikmati panorama alam yang menakjubkan. Dari Tulungagung Nada Wianto.