DhohoTV - Sosial

Rmi Bersama Relawan Kesehatan Lakukan Pengobatan Gratis Di Ponpes Tulungagung

Oleh : redaksi Selasa, 14 Februari 2017

Keterangan : Untuk mengkampanyekan pola hidup sehat di lingkungan masyarakat sekitar pondok pesantren , komunitas pondok pesantren nahdlatul ulama, atau robithah ma'ahid islamiyah , r-m-i , menggelar pengobatan g

Bagikan

Bertempat di ponpes al fallah,  desa trenceng,  kabupaten tulungagung, sejumlah relawan dari robithah ma'ahid islamiyah atau r-m-i , bekerja sama dengan yayasan bangun sehat indonesiaku , y-b-s-i , dan djarum foundation , melakukan bakti sosial memberikan pengobatan gratis .
Kegiatan yang di gelar di halaman ponpes itu , ramai diikuti masyarakat sekitar dari kelompok lansia serta santri setempat . Bakti sosial ini , digelar sebagai bentuk kepedulian r-m-i terhadap kesehatan masyarakat di sekitar ponpes , terutama yang ada di daerah pelosok.

Dalam kegiatan pengobatan masal gratis ini , diikuti tak kurang dari 517 peserta yang terdiri dari masyarakat sekitar ponpes maupun internal santri setempat .pengobatan dilakukan secara umum dengan mengukur tekanan darah , dilanjutkan dengan pemeriksaan medis oleh tenaga dokter yang melayani pasien secara paralel.

Menurut ketua pengurus cabang r-m-i tulungagung , bagus ahmadi,  selain melaksanakan pengobatan gratis , pihaknya juga melakukan edukasi kepada para santri dan masyarakat sekitar , tentang pola hidup sehat.

Sementara itu, menurut legowo kadri , marketing service djarum foundation,  mengatakan peserta pengobatan masal dari masyarakat sekitar ponpes sebagian besar kelompok manula yang mengeluhkan sakit  asam urat , darah tinggi dan mata karena katarak . Sementara dari kalangan santri biasanya penyakit kulit dan mata , itu semua karena pengaruh kesehatan lingkungan serta pola makan yang mungkin kurang baik. Rangkaian kegiatan pengobatan gratis di ponpes al fallah ini merupakan yang ke-26. Kegiatan serupa akan dilakukan secara bergilir di ponpes berbeda se-jawa timur. Dari tulungagung nada wianto.