DhohoTV - Sosial

Harga Cabai Dalam Negeri Tinggi Cabai Impor Diminati Pembeli Tulungagung

Oleh : redaksi Senin, 13 Februari 2017

Keterangan : Masih tingginya harga cabai dipasaran yang berada dikisaran harga 120 ribu rupiah perkilogram, membuat sebagian konsumen cabai beralih pada cabai impor yang mulai membanjiri pasar. Di pasar grosir ng

Bagikan

Sejak kurang lebih dari satu bulan terakhir, semenjak harga cabai dipasaran tembus diatas 100 ribu rupiah per kilogram, cabai kering impor asal india dan china mulai membanjiri pasar-pasar di tulungagung, jawa timur, dengan harga yang jauh lebih murah dibanding cabai lokal. Di pasar grosir ngemplak, cabai kering impor diitingkat grosir, dijual dengan harga antara 46 ribu hingga 56 ribu rupiah per kilogram.
Murahnya harga cabai kering impor di tengah melambungnya harga cabai lokal, membuat masyarakat konsumen cabai, saat ini banyak beralih membeli cabai impor. Salah seorang pembeli cabai, utami mengatakan, meski rasanya tidak senikmat cabai segar, dan cara pengolahannya sedikit lebih rumit karena harus dikukus terlebih dahulu, namun keberadaan cabai impor sangat membantu menghemat uang belanja, dan rasanya lebih pedas.
Menurut pedagang di pasar grosir ngemplak, cabe kering impor bukanlah barang baru dan sudah lama beredar, namun permintaan akan meningkat, ketika harga cabai dalam negeri melambung seperti saat ini. Cabai- cabai impor ini didatangkan dari daerah cirebon, dan dalam sehari pedagang grosir di pasar ngemplak, rata rata mampu menjual 5 hingga 6 kuintal cabai kering impor. Dipasaran saat ini terdapat dua jenis cabai kering impor, yakni cabai asal india berwarna merah cerah, yang dijual dengan harga 56 ribu rupiah perkilogram, dan cabai kering asal china dengan warna lebih gelap dan bentuk lebih besar, dijual dengan harga 46 ribu rupiah perkilogram ditingkat grosir.

Sementara itu, pemerintah kabupaten tulungagung menilai keberadaan cabai impor dipasaran saat ini, sangat di butuhkan masyarakat setempat. Keberadaan cabai impor ini dianggap mampu mengerem laju kenaikan harga cabai, dimana saat ini harga cabai di tulungagung sedikit mengalami penurunan, dari harga 140 ribu rupiah perkilogram turun  menjadi 120 perkilogram. Dari Tulungagung Nada Wianto.