DhohoTV - Sosial

Berwisata Sambil Belajar Di Rumah Coklat Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Kamis, 09 Februari 2017

Keterangan : Bagi anda para penggemar coklat, ada satu destinasi wisata edukasi baru di kabupaten trenggalek, jawa timur, yakni rumah cokelat. Di lokasi ini, pengunjung dapat melihat, dan belajar tentang berbagai

Bagikan

Wisata edukasi rumah coklat berada di jalan raya karangan-dongko, desa karangan, kecamatan karangan, kabupaten trenggalek, jawa timur. Wisata ini menyuguhkan berbagai hal menarik, salah satunya adalah  kebun mini kakao, di sini, pengunjung dapat melihat secara langsung budidaya berbgai jenis tanaman kakao.

Selain itu,pengunjung juga bersantai disejumlah gazebo yang disediakan, sambil menikmati aneka makanan maupun minuman yang terbuat dari coklat. Nah. Salah satu yang paling diminati adalah sate buah coklat, anda dapat melumuri sendiri sate buah di bawah air mancur coklat.

Tak hanya itu saja, setiap pengunjung juga dapt menghias sendiri aneka coklat yang ditawarkan, dengan topping yang menarik. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan di rumah coklat cukup banyak, namun kalau masalah harga, jangan khawatir, karena sangat terjangkau.

Menurut pengelola rumah coklat,  dikawasan terpadu ini, para pengunjung juga dapat menyaksikan secara langsung proses pengolahan biji kakao menjadi bubuk coklat maupun pasta coklat. Seluruh produk olahan coklat ini, berasal dari para petani kakao yang ada di kabupaten trenggalek.

Wisata edukasi ini , senagaja di buat oleh pemerintah daerah sebagai sarana pembelajaran bagi para petani coklat maupun masyarakat umum lainnya, tentang tata cara dan proses budidaya kakao yang baik dan benar. Rumah coklat juga sekaligus sebagai wadah para petani coklat untuk menjual hasil produksinya, agar terhindar dari permainan harga para tengkulak.

Diharapkan dengan hadirnya rumh coklat akan membawa positif terhadap keberlangsungan perkebunan kakao di wilayah trenggalek, sekaligus untuk mendongkrak produk usaha mikro kecil menengah, u-m-k-m, yang memanfaatkan kakao sebagai bahan dasar. Dari Trenggalek Nada Wianto.