DhohoTV - Sosial

Marakanya Isu Anthrax Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Kediri

Oleh : redaksi Kamis, 09 Februari 2017

Keterangan : Maraknya isu anthrax yang belakangan merebak, di wilayah jawa timur, tak mempengaruhi harga daging di pasar tradisional di kota kediri. Harga daging sapi hingga kini masih cenderung stabil, namun peda

Bagikan

Hal ini dipastikan oleh petugas dinas peternakan kota kediri, saat memantau lapak daging, di pasar tradisional setono betek kota kediri. Pihaknya memastikan isu anthrax yang belakangan merebak di jawa timur, termasuk tetangga tulungagung, tak mempengaruhi harga daging sapi di wilayahnya, bahkan harga daging sapi hingga kini cenderung stabil. Mulai dari 95 ribu hingga 100 ribu rupiah perkilogramnya.

Selain memantau hal itu, pihaknya juga memastikan kondisi dan kualitas daging yang dijual oleh para pedagang. Sebagian besar, menurutnya, daging yang dijual sudah berasal dari rumah potong hewan kota kediri yang telah bersertifikat.
Namun harga yang cenderung stabil ini,justru diakui pedagang mengalami penurunan permintaan. Tak dipungkiri naiknya harga kebutuhan pokok lain, terlebih cabai yang menembus angka 140 ribu rupiah perkilogramnya, turut mempengaruhi menurunnya daya beli konsumen.

Jika sebelumnya, 4 hingga 5 ekor sapi mampu dijual pedagang dalam satu hari, kini/ pedagang hanya mampu menjual 1 ekor sapi saja, atau 80 kilogram dengan waktu yang sama. Ini pun berpengaruh pada jumlah sapi yang di potong di rph kota kediri, yang kini hanya 15 hingga 16 ekor saja, untuk memasok seluruh pasar yang ada dikota kediri. Dari Kediri Habibul Muntaha.