DhohoTV - Sosial

Pedagang Di Pasar Wage Alami Kekosongan Stok Ikan Laut Nganjuk

Oleh : redaksi Kamis, 09 Februari 2017

Keterangan : Cuaca buruk, menyebabkan stok ikan laut di pasar wage, di kabupaten nganjuk, jawa timur, kosong, sejak sebulan terakhir. Kalaupun ada stoknya, hanya jenis ikan tertentu dan harganya sangat mahal, untu

Bagikan

Kekosongan stok ikan laut ini, terjadi di pasar wage, nganjuk. Jenis ikan laut, seperti cumi, tuna, tenggiri, tongkol, udang laut, dan jenis ikan laut lain, sejak sebulan terakhir mengalami kekosongan stok. Menurut pedagang, kekosongan stok ini terjadi akibat cuaca buruk yang akhir akhir ini terjadi, sehingga banyak nelayan yang tidak berani pergi melaut.

Kalaupun ada stok ikan laut, kondisinya juga sangat minim, di samping itu harga ikan laut juga naik tajam hingga dua kali lipat, dari yang sebelumnya per kilogram hanya 50 ribu, harganya naik menjadi 100 ribu. Meningkatnya harga ikan laut ini, justru tidak diminati pembeli. Pembeli lebih memilih membeli jenis ikan air tawar, seperti lele, bandeng, dan juga ikan nila, yang harganya justru lebih normal, dan jauh lebih murah daripada harga ikan laut.

Selain karena harganya yang relatif normal, stok ikan tawar, juga terbilang aman, karena stok ikan air tawar banyak yang di produksi dari petambak lokal, yang kondisinya masih aman dari cuaca buruk. Dari Nganjuk Komarudin.