DhohoTV - Sosial

Harga Cabe Kembali Naik Tembus 140 Ribu Perkilo Akibat Cuaca Buruk Kediri

Oleh : redaksi Selasa, 07 Februari 2017

Keterangan : Cuaca buruk yang masih berlangsung mengakibatkan harga cabe di kota kediri, jawa timur kembali melabung tinggi, mencapai 135 ribu rupiah perkilogramnya, karena hasil penen petani turun. Bahkan harga c

Bagikan

Hasil panen patni cabe yang turun akibat hujan yang terus terjadi terutam di malam hari mengakibatkan haga cabe di kota kediri kembali melambung. Di pasar tradisional sentonobetek koata kediri, harga cabe rawit mencapai 135 ribu rupiah perkilogramnya, bahkan ada pedagang yang menjual 140 ribu per kilogramnya.

Dua hari lalu harga cabe rawir masih bekisar di harga 120 ribu perkilogramnya, sedang harga cabe besar stabil di harga 40 ribu, sedang cabe kriting di harga 60 ribu rupiah per kilogramnya.Kenaikan ini akibat hujan yang masih sering terjadi terutama pada malam hari, mengakibatkan buah cabe rontok dan busuk. Harga cabe yang tinggi juga mengakibatkan penjualan padagang turun hingga 50 persen jika dibanding saat harga cabe normal.

Tingginya harga cabe ini, membuat sejumlah pedagang juga menjual cabe yang busuk, dengan harga 50 ribu perkilogramnya, dalam dua hari pedagang bisa menjual 3 kilogram cabe busuk. Menurut pedagang cabe busuk ini dibeli oleh penjual makanan untuk bahan campuran, terutama pedagang kali lima, sperti pedagang bakso.

Sejauh ini petugas perdagangan dan perindustrian hanya melakukan pengawasan terhadap  pedagang, dan akan melakukan kordinasi dengan tim pengedali infalsi/ untuk menekan harga, karena beberapa waktu lalu operasi pasar dilakukan namun tidak berdampak besar terhadap harga cabe. Dari Kediri Habibul Muntaha.