DhohoTV - Sosial

Tanah Retak Sepanjang 50 Meter 8 Rumah Warga Rawan Ambruk Tulungagung

Oleh : redaksi Senin, 06 Februari 2017

Keterangan : Akibat curah hujan tinggi yang terjadi terus menerus, tanah disebuah desa di tulungagung, jawa timur, mengalami retak, dan ambles sedalam 2 meter. Bahkan, jalan desa di lokasi tanah ambles tersebut, t

Bagikan

Tanah retak sepanjang lebih dari 100 meter, yang terjadi di dusun nglorok, desa tenggarrejo, kecamatan tanggunggunung, tulungagung, jawa timur ini, diketahui sejak sekitar dua minggu lalu, dan di anggap biasa oleh warga. Namun sejak dua hari terakhir, retakan tanah bertambah parah, dan tanah terus ambles. Pada sabtu sore, amblesnya tanah di lokasi tersebut, telsh mencapai kedalaman 2 hingga 3 meter.
Tanah ambles ini, mengakibatkan 8 rumah warga yang berada di sekitar lokasi, rawan mengalami longsor, dan ambruk, yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Selain ancaman tanah longsor, amblasnya tanah juga mengakibatkan aktivitas empat kepala keluarga, terganggu. Bahkan jalan sepanjang 50 meter di dusun tersebut, amblas sedalam 2 meter, sehingga tidak dapat dilalui semua jenis kendaraan bermotor .
Agar jalan dapat dilewati, hari kamis lalu, warga berupaya menguruk jalan menggunakan tanah, namun keesokan harinya, tanah kembali ambles, sehingga jalan kembali tidak dapat di akses kendaraan. Jika amblas terus terjadi, sebanyak empat kepala keluarga akan terancam terisolir.

Kondisi tanah yang labil dengan posisi berada di lereng bukit, diperparah dengan curah hujan tinggi, dan gerusan air sungai dibawahnya, di duga menjadi penyebab terjadinya tanah ambles ini.
Kondisi cuaca seperti saat ini, di mana hujan dengan intensitas tinggi masih terus terjadi, dikhawatirkan amblesnya tanah akan semakin parah. Hingga kini belum ada tindakan yang dilakukan warga, selain menunggu amblesnya tanah di lokasi tersebut berhenti. Dari Tulungagung Nada Wianto.