DhohoTV - Sosial

Bank Indonesia Perwakilan Kediri Temukan Kupva-Bb Kediri

Oleh : redaksi Senin, 06 Februari 2017

Keterangan : Bank indonesia perwakilan kediri temukan 67 kegiatan usaha penukaran valuta asing bukan bank atau kupva-bb di karesidenan kediri dan madiun. Bank indonesia akan menutup usaha puluhan money changer bod

Bagikan

Sebanyak 67 penukaran valuta asing bukan bank atau kupva bb tak berizin ini berhasil ditemukan bank indonesia perwakilan kediri di karesidenan kediri dan madiun. Jumlah ini diperkirakan masih bisa bertambah, mengingat angka temuan tersebut baru didapat dari hasil identifikasi 9 daerah, dari total 13 kota dan kabupaten di wilayah kerjanya.
Deputi kepala perwakilan kantor bank indonesia kediri beny wicaksono  mengatakan, banyaknya usaha penukarang uang asing berdiri di wilayah kerjanya karena daerah ini menjadi basis penyuplai tenaga kerja indonesia, t-k-i, ke luar negeri. Namun demikian bank indonesia tetap akan menertibkan seluruh money changer bodong apabila mereka tidak sanggup memenuhi izin usaha, sampai batas akhir 7 april 2017 mendatang.
 selain diatur dalam peraturan bank indonesia, kewajiban setiap kupva-bb berizin ini karena adana kekhawatirkan usaha mereka justru menjadi saranan pendukung tindak kriminalitas. Seperti, halnya pencucian uang, pendanaan bagi terorisme atau penukaran uang hasil transaksi narkoba. Bank indonesia sebagai regulator tak dapat memantau transaksi keuangan pada money changer illegal.

Bank indonesia akan bekerjasama dengan polri, pusat pelaporan dan analisis transaksi keuangan atau, p-p-a-t-k, badan narkotika nasional dalam melakukan operasi penertiban nantinya. Kerjasama antara keempat instansi ini tertuang dalam nota kesepahamantentang penertiban terhadap kupva bb tidak berizin. Dari Kediri Budi Sutrisno.