DhohoTV - Sosial

Dampak Nelayan Tidak Melaut Dan Minim Pasokan Harga Ikan Laut Melonjak Tulungagung

Oleh : redaksi Jumat, 03 Februari 2017

Keterangan : Cuaca buruk yang terjadi hampir di seluruh perairan pulau jawa, menyebabkan para nelayan tidak berani melaut, serta minimnya pasokan ikan laut, berdampak terhadap naiknya harga ikan laut di pasar gro

Bagikan


Sejak sepekan terakhir, harga ikan laut yang di jual oleh pedagang ikan laut di pasar grosir ngemplak tulungagung, jawa timur, mengalami kenaikan yang signifikan. Kenaikan harga ikan laut ini, di picu karena dampak dari cuaca buruk yang terjadi, hampir di seluruh perairan pulau jawa, yang mengakibatkan para nelayan tidak berani melaut, sehingga pasokan ikan laut dari nelayan sangat minim sekali.

Kenaikan yang terjadi pada semua jenis ikan laut ini, rata-rata kenaikan 3 ribu hingga 10 ribu rupiah per kilogram, bahkan untuk ikan tongkol, nyaris tidak ada pasokan.
Untuk ikan tuna yang sebelumnya seharga 27 ribu rupiah naik menjadi 30 ribu rupiah per kilogram, ikan cumi-cumi sebelumnya 50 ribu menjadi 60 ribu, ikan cakalan sebelumnya 20 ribu menjadi 24 ribu, ikan layur yang semula 30 ribu menjadi 40 ribu, ikan dorang semula 50 ribu menjadi 65 ribu, ikan tengiri semula 55 ribu menjadi 65 ribu, kerang tanpa cangkang semula 35 ribu menjadi 38 ribu rupiah per kilogram.

Akibat melonjaknya harga ikan laut ini, para pedagang ikan laut, mengaku omzet penjualannya turun hingga 50 persen, karena sebelumnya mampu menjual berbagai jenis ikan laut hingga 1 kuintal per hari. Bahkan tingginya harga ikan laut, tidak diketahui pasti, kapan akan kembali stabil, karena nelayan dari pantai prigi, trenggalek, teluk popoh, tulungagung, dan dari pantai tuban, yang masok ikan, masih tidak berani melaut, disebabkan cuaca buruk.

Meski harga ikan laut tinggi, namun tidak berpengaruh terhadap daya beli ikan air tawar yang di jual di pasar grosir ngemplak, karena saat ini harga ikan laut tawar, seperti lele, paten, gurami, udang, serta tawes, relatif stabil, dan omzet penjualan yang di dapat pedagang ikan air tawar, juga stabil. Dari Tulungagung Nada Wianto.