DhohoTV - Sosial

Gelombang Tinggi Dan Angin Kencang Nelayan Tak Berani Melaut Mencari Ikan Tulungagung

Oleh : redaksi Rabu, 01 Februari 2017

Keterangan : Ratusan nelayan di teluk popoh tulungagung, jawa timur, tidak berani melaut, sejak lima hari terakhir,karena di tengah laut selatan, tengah terjadi cuaca buruk, yang menyebabkan gelombang tinggi dan a

Bagikan

Cuaca buruk yang terjadi di perairan selatan pulau jawa, sejak lima hari terakhir, menyebabkan gelombang tinggi, setinggi 2 meter hingga 5 meter, sehingga ratusan nelayan di teluk popoh desa besole, kecamatan besuki, kabupaten tulungagung, jawa timur, tidak berani melaut untuk mencari ikan.Para nelayan teluk popoh, saat ini lebih memilih menambatkan perahunya di dermaga pangkalan pendaratan ikan, untuk menunggu cuaca kembali normal.

Kondisi tersebut, juga terjadi pada puluhan kapal nelayan penangkap ikan dari jakarta, pekalongan, dan pemalang, mereka membuang sauhnya, di teluk popoh, untuk berlindung dari amukan gelombang tinggi dan angin kencang di tengah laut, dan akan berakibat fatal yang dapat mengancam keselamatan jiwa nelayan,  jika memaksakan diri untuk pergi melaut.

Sejumlah a-b-k kapal nelayan tersebut, saat ini lebih memilih berdiam diri di pangkalan pendaratan ikan, sambil menunggu cuaca kembali normal. Karena saat ini, selain gelombang tinggi, juga akgin bertiup kencang, dengan kecepatan 20 hingga 40 knot.

Kondisi cuaca buruk tersebut, sejumlah nelayan yang nekat melaut, hanya mendapatkan hasil tangkapan ikan yang minim sekali, bahkan tak jarang merekan pulang dari mencari ikan, tidak mendapatkan ikan sama sekali. Diperkirakan cuaca buruk di perairan selatan jawa ini, akan berlangsung hingga empat hari kedepan, bahkan pada tanggal 2 februari hingga 4 februari, akan terjadi puncak gelombang tinggi dan angin kencang yang disertai badai. Dari Tulungagung Nada Wianto.