DhohoTV - Sosial

Pameran Seni Lukis Jalanan Media Perlawanan Terhadap Pelukis Mapan Tulungagung

Oleh : redaksi Rabu, 01 Februari 2017

Keterangan : Sejumlah seniman lukis jalanan di tulungagung, jawa timur, menggelar lukisan bersama disebuah galeri warung kopi, yang menyajikan berbagai macam jenis aliran, dan media lukis. Pameran lukis, yang di k

Bagikan

Tidak kurang dari sebelas seniman lukis jalanan di tulungagung, jawa timur, bergabung menggelar pameran lukisan, selama sepekan, disebuah omah galeri di jalan letjen suprapto, kelurahan kepatihan. Berbagai aliran lukisan, berjajar rapi di  dinding ruang galeri dadakan ini, diantaranya aliran realis, impresif, ekspresif, serta ilustrarif, yang tak kalah dengan hasil karya seniman lukis profesional.
Meski merupakan seniman jalanan, namun mereka lebih mampu berkreasi dengan menfaatkan bahan yang terbuang atau limbah, seperti lukisan cethe dari ampas kopi, lukisan media kayu menggunakan solder, serta lukisan digital. Sedangkan, karya yang di pajang di pameran ini, banyak menampilkan lukisan manusia dengan berbagai pose, dan di klaim baru yang pertama kali di gelar di tulungagung, ternyata juga mampu menyedot antusias warga untuk, menontonnya.

Pameran lukisan jalanan yang di prakarsai oleh salah seorang, yang juga merupakan bagian dari seniman jalanan, merupakan bentuk dari perlawanan kepada para seniman lukis yang telah mapan. Karena anggapan dari seniman jalanan, bahwa para seniman manpan yang telah punya nama, memandang sebelah mata , dan cenderung lebih meremehkan karya lukis jalanan, serta tidak pernah menghargainya.

Sementara itu, menurut eddy dewa, salah seorang seniman lukis yang tergabung dalam komunitas perupa jawa timur, koperjati, bahwa hasil karya seni lukis jalanan ini, secara awam sudah terlihat bagus, namun karya-karyanya, masih perlu adanya sentuhan-sentuhan, dan perlu banyak proses lagi, untuk menuju ruang-ruang galeri di skala nasional maupun internasional.

Rencananya, pameran lukisan jalan ini, akan berlangsung hingga satu pekan kedepan, yang juga akan memberikan klinik seni lukis kepada pelukis pemula, atau pelajar, sehingga mereka akan mengetahui tehnik melukis yang benar. Dari Tulungagung Nada Wianto.