DhohoTV - Sosial

Pembersihan Longsor Jalan Nasional Trenggalek-Ponorogo Jatim

Oleh : redaksi Senin, 30 Januari 2017

Keterangan : Pemerintah provnsi jawa timur dan pemkab trenggalek, masih berusaha melakukan pembersihan material longsor yang menutup total seluruh badan jalan di kilometer 17 ruas jalan nasional trenggalek-ponorog

Bagikan

Selama dua hari terakhir, sejumlah alat berat diterjunkan di kilometer 17 ruas jalan nasional trenggalek-ponorogo di desa nglinggis, kecamatan tugu, kabupaten trenggalek, jawa timur, untuk membersihkan material longsor berupa tanah dan bebatuan. Proses pembersihan ini, memakan waktu hingga beberapa hari, karena volume material longsor cukup banyak.
Bupati trenggalek, emil elestianto dardak, menargetkan proses pembersihan longsor ini, akan rampung pada hari ini, sehingga arus lalu lintas dari trenggalek menuju ponorogo maupun sebaliknya, bisa dibuka kembali. Menurutnya, pembukaan jalur harus dilakukan dengan segera, karena merupakan jalur vital untuk akses perekonomian dan distribusi barang dari jawa timur menuju jawa tengah maupun jakarta.
Sementara itu, kapolsek tugu, meminta masyarakat dan para pengguna jalan yang melintasi jalur trenggalek-ponorogo, untuk meningkatkan kewaspadaan, karena potesi terjadinya longsor susulan masih cukup tinggi . Saat ini sejumlah batu berukuran besar yang berada di atas tebing banyak, dan kondisinya nyaris ambrol.

Tanah longsor di kilometer 17 trenggalek-ponorogo ini, terjadi sejak rabu malam. Material longsor berupa tanah dan bebatuan runtuh dari tebing setinggi 50 meter yang ada di samping jalan. Akibatnya ruas jalan nasional terputus total, dan beruntung kejadian ini tidak sampai menimpbulkan korban jiwa. Dari Trenggalek Nada Wianto.