DhohoTV - Sosial

Tebing 5 Meter Longsor Timpa Rumah , Bangunan Rusak Berat Tulungagung

Oleh : redaksi Jumat, 27 Januari 2017

Keterangan : Sebuah rumah di tulungagung , jawa timur , rusak di terjang tanah longsor dari tebing setinggi lima meter, akibatnya seluruh bagian belakang mengalami kerusakan berat. Kejadian ini tidak sampai menim

Bagikan

Dengan peralatan seadanya , puluhan warga dusun karang tengah , desa krosok, kecamatan sendang , tulungagung , jawa timur , bergotong royong untuk melakukan pembersihan material tanah longsor yang menimbun rumah milik kabul.
Tanah longsor sepanjang 20 meter dengan ketinggian lima meter , menyebabkan kerusakan parah pada rumah korban .  Tdinding bagian belakang rumah korban hancur tertimbun material tanah longsor .

Kejadian tanah longor ini,  berawal saat kawasan kecamatan sendang di guyur hujan deras , tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari tebing yang berada di belakang rumah korban yang kondisinya labil .  Dalam hitungan menit matiral tanah dan batu menghantam rumah . Beruntung seluruh penghuni langsung lari untuk menyelematkan diri , akibatnya kondisi bangunan rumah tidak layak untuk ditempati , karena rawan terjadi longsor susulan .

Untuk mengevakuasi timbunan material longsor , puluhan warga dibantu t-n-i dan kepolisian setempat , melakukan proses pembersihan dengan peralatan seadanya berupa cangkul dan kereta dorong . Proses pembersihan ini , diperkirakan membutuhkan waktu sehari , karena volume longsor cukup banyak .

Petugas juga menghimbau , pemilik rumah yang ada di sekitar tebing untuk berat-hati , kondisi  curah hujan yang tinggi , dan kondisi tanah yang labil , rawan terjadi longsor susulan . Dari Tulungagung Nada Wianto.