DhohoTV - Sosial

Minim Sosialisasi ,Asuransi Ternak Sapi Diminati Peternak Sapi Tulungagung

Oleh : redaksi Jumat, 27 Januari 2017

Keterangan : Minim sosialisasi , sejak diluncurkan bulan juni tahun lalu , dan tak terkecuali di kabupaten tulungagung, jawa timur, asuransi usaha ternak sapi , a-u-t-s , namun dinas peternakan setempat , meng

Bagikan

Kejadian ternak sapi mati mendadak , yang baru-baru saja , yang dialami oleh sejumlah peternak sapi di desa pinggirsari , kecamatan ngantru , tulungagung , jawa timur , yang mengakibatkan kerugian mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah,  dan apalagi tidak adanya kompensasi atas ternak sapi yang mati ,dari pemerintah  setempat.

Hal tersebut , membuktikan bahwa sosialisasi asuransi usaha ternak sapi , dari pemerintah pusat , relatif belum maksimal , dan nyaris tak terdengar di telinga para peternak sapi , baik skala besar maupun kecil.
Namun kondisi tersebut , bertolak belakang dengan dinas peternakan tulungagung , yang mengklaim sejak asuransi sapi diluncurkan pada juni tahun 2016 lalu , jumlah ternak sapi yang diikutkan asuransi sekitar 965 ekor,  dan jumlah tersebut telah melampaui terget yang diberikan dari disnak provinsi , sebanyak 200 ekor.

Sedangkan di tahun 2017 ini , meski kuota jumlah asuransi sapi untuk kabupaten tulungagung , belum ditetapkan , namun provinsi jawa timur ,  telah mendapat kuota 10 ribu asuransi sapi , dan secara nasional pemerintah memberikan kuota 120 ribu asuransi sapi .
Sementara itu , di kelompok ternak sido makmur desa sedang , kecamatan sendang , dari sekitar 260 ekor sapi perah yang dimiliki 35 anggota , baru 22 ekor yang diikutsertakan asuransi . Sedangkan besaran premi yang harus dibayarkan yakni 200 ribu rupiah per ekor , namun para peternak sapi hanya diwajibkan membayar 40 ribu rupiah per tahun, dan sisanya sebesar 160 ribu di bayar oleh pemerintah kepada p-t asuransi jasindo.

Jika ternak sapi mati dengan kematian tertentu,  peternak akan menerima nilai pertanggungjawaban kematian ternak sebesar 10 juta rupiah.  
Meski tidak semua anggota kelompok ternak sido makmur ,  ikut program asuransi sapi ini , namun menurut salah seorang peternak sapi,  manfaat yang di dapat adalah jika ternak sapi mati , akan mendapat ganti dari pemerintah , sehingga akan merasa lebih tenang dalam menjalankan usaha ternak sapi .Dari Tulungagung Nada Wianto.