DhohoTV - Sosial

Kejaksaan Negeri Trenggalek , Sidik Korupsi Dispendukcapil Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Rabu, 25 Januari 2017

Keterangan : Tim penyidik kejaksaan negeri trenggalek , melakukan pemeriksaan sejumlah saksi, dalam kasus dugaan korupsi pengadaan jaringan online di dinas kependudukan dan catatan sipil , dispendukcapil , setemp

Bagikan

Hari ini , kejari trenggalek jawa timur  melakukan pemeriksaan dua orang saksi dari dispendukcapil, yakni pejabat pengadaan barang dan jasa , umbar pramadi ,  serta bendahara dispendukcapil trenggalek , eni hariyanti .  Sedangkan sebelumnya , penyidik juga telah memeriksa kepala dispendukcapil saat ini , ekanto malipurbo.

Menurut kasi pidana khusus kejaksaan negeri trenggalek , muhammad adri kahamudin, proses pemeriksaan ini , dilakukan untuk mencari keterangan yang lengkap seputar pengadaan jaringan "online" , yang dilaksanakan untuk pengolahan database.
Dari beberapa saksi yang diperiksa , timnya mendapatkan sejumlah fakta baru terkait proyek tersebut .  Salah satunya , koneksi internet yang di bangun di kantor dispendukcapil dan sejumlah kantor kecamatan tersebut , ternyata tidak dibutuhkan, karena telah ada koneksi lain , yang di sebut jaringan siak sejak tahun 2011.

Dari hasil pengecekan di lokasi perangkat jaringan , tim kejaksaan menemukan tiga unit perangkat di tiga kecamatan , telah di bongkar , dan di simpan di kantor dispendukcapil trenggalek , sedangkan yang lainnya tidak dapat difungsikan .
Rencananya , penyidik juga masih akan melakukan pemanggilan sejumlah saksi untuk dilakukan pemeriksaan , termasuk kepala dispendukcapil yang dulu , catur budi prasetyo, yang bertindak sebagai kuasa pengguna anggaran .

Sedangkan untuk tersangka , hingga kini kejaksaan belum melakukan penetapan , karena masih menunggu beberapa saksi lain.
Sebelumnya , penyidik kejari trenggalek, menyidik kasus dugaan korupsi pengadaan jaringan "online" di dispendukcapil , tahun anggaran 2013 . Proyek tersebut , di duga merugikan keuangan negara sebiai 198 juta rupiah , karena seluruh jaringannya tidak dapat berfungsi . Dari Trenggalek Nada Wianto.