DhohoTV - Sosial

Jelang Imlek Pihak Klenteng Lakukan Pencucian Patung Dewa

Oleh : redaksi Selasa, 24 Januari 2017

Keterangan : Jelang imlek tahun 2568,umat tionghwa di kota blitar, jawa timur membersihkan puluhan patung dewa. Pembersihan patung dewa ini, untuk menyucikan patung-patung dewa sebagai pengharapan, agar umat tiong

Bagikan

Menjelang datangnya tahun baru imlek, yang akan diperingati oleh umat tionghwa pada tanggal dua puluh tujuh februari mendatang, kesibukan mulai terlihat di klenteng poo an kiong, yang berada di kelurahan sukorejo kecamatan sukorejo kota blitar. Beberapa umat tionghwa dan pengurus klenteng, mulai membersihkan patung-patung dewa, untuk menyambut imlek.

Satu-persatu patung-patung dewa dibersihkan dengan kuas, untuk menghilangkan debu-debu yang menempel di patung dewa.selanjutnya, patung-patung dewa dicuci dengan air kembang, dan dibilas dengan air bersih. Setelah bersih, patung-patung dewa kembali disimpan.

Salah satu petugas, endang titis mengatakan, pembersihan patung-patung dewa ini, merupakan prosesi rutin sebelum datangnya tahun baru imlek. Diharapkan, dengan pembersihan ini, umat tionghwa selalu diberi keselamatan dan keberkahan di tahun baru imlek 2568.

Tidak hanya dibersihkan, patung-patung dewa juga dicat ulang, agar tampak lebih indah. Dari puluhan patung-patung dewa yang dibersihkan, ada salah satu patung dewa yang dituakan, yakni khong tik cun ong. Dari Blitar Moh Aji.