DhohoTV - Sosial

Pihak Sekolah Resah, Karena Dana Operasional Dari Propinsi Belum Turun Blitar

Oleh : redaksi Senin, 23 Januari 2017

Keterangan : Pihak sekolah menengah atas sederajat di kota blitar resah, pasca diambil-alihnya pengelolaan sekolah oleh pemprov jatim. Pasalnya, untuk biaya operasional, pihak sekolah harus menanggungnya sendiri

Bagikan

Pasca diambil-alihnya pengelolaan sekolah menengah atas sederajat oleh pemerintah provinsi, pihak sekolah sma dan smk di kota blitar resah.  Pasalnya, mereka harus mencari sendiri biaya operasional sekolah, menyusul dihentikannya subsidi pendidikan dari apbd kota blitar.

Salah-satunya sekolah menengah atas (sma) 1 negeri kota blitar. Pihak sekolah saat ini hanya mengandalkan uang spp siswa yang berasal dari kabupaten blitar, untuk biaya operasional sekolah.Namun, jika sampai tahun ajaran baru dana dari provinsi belum juga turun, pihak sekolah kelabakan mencari  dana operasional.Sementara,  dana bos yang diharapkan bisa untuk menutupi, hingga saat  ini juga belum turun.

Sementara, kepala cabang dinas pendidikan kota-kabupaten blitar, suhartono mengatakan, sesuai dengan surat edaran gubernur, pihaknya belum berani memutuskan apapun terkait pembiayaan operasional sekolah di kota blitar.  Saat rakor memang ada instruksi secara lisan dari kepala dinas pendidikan pemprov jatim, sekolah bisa menarik iuran pada januari ini, tapi pihaknya tidak berani menarik iuran dari wali murid, sampai ada surat perintah resmi dari pemprov.

Sementara untuk biaya operasional, suhartono menambahkan, pihak sekolah bisa menggunakan dana bos.  Namun kendalanya, hingga saat ini dana bos juga belum cair.
Dari Blitar Moh Aji.