DhohoTV - Sosial

Bpbd Nganjuk Belum Menyatakan Bencana Longsor Di Nganjuk Sebagai Kategori Kejadian Luar Biasa Nganjuk

Oleh : redaksi Jumat, 20 Januari 2017

Keterangan : Bencana longsor di sejumlah titik kabupaten nganjuk beberapa waktu terakhir membuat bpbd setempat melayangkan sk tanggap darurat. Namun, hingga kini pihak bpbd masih menyatakan jika kategori bencana b

Bagikan

Bencana longsor di sejumlah titik kabupaten nganjuk beberapa waktu terakhir membuat bpbd (badan penanggulangan bencana daerah) setempat melayangkan sk tanggap darurat.Kendati demikian, hingga kini pihak bpbd masih menyatakan jika kategori bencana belum masuk kejadian luar biasa.

Soekonjono, kepala bpbd kabupaten nganjuk, dikonfirmasi media membenarkan jika sudah melayangkan sk tanggap darurat. Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk menyikapi bangunan yang rusak.
Namun untuk masalah anggaran terkait bahan-bahan yang akan digunakan, sementara ini pihaknya masih melakukan perencanaan.

Soeko menjelaskan jika bencana yang melanda wilayah nganjuk belum masuk kategori kejadian luar biasa, hal itu karena belum ada korban jiwa akibat bencana tersebut, menurutnya hujan lebat secara terus menerus menjadi pemicu utama tanah longsor.
Berdasarkan pantauan bpbd kabupaten nganjuk, mayoritas longsor terjadi pada daerah miring, soekonjono mencontohkan seperti daerah selatan kecamatan loceret, dan di kecamatan sawahan hampir menyeluruh pernah ditimpa longsor.

Yang menjadi perhatian lebih mengingat di kawasan tersebut banyak bangunan rumah warga yang berada di bawah tebing. Untuk diketahui, di awal 2017 ini bencana longsor sudah menimpa di sejumlah titik, antara lain desa bajulan kecamatan loceret, desa margopatut maupun desa, kecamatan sawahan.

Untuk lokasinya sendiri tersebar di beberapa dusun dan terjadi secara berulang kali karena hujan terus mengguyur. Dari nganjuk komarudin.