DhohoTV - Sosial

Bank Indonesia Minta Masyarakat Mewaspadai Penipuan Baru Kediri

Oleh : redaksi Rabu, 18 Januari 2017

Keterangan : Bank indonesia perwakilan kediri minta masyarakat mewaspadai penipuan baru dengan modus pelunasan kredit di perbankan. Untuk meyakinkan korbannya, pelaku menunjukkan surat jaminan sertifikat bank indo

Bagikan

Penipuan dengan cara menawarkan pelunasan kredit atau pembebasan hutang ini menyasar para debitur macet pada perbaikan dan jasa keuangan lainnya. Modusnya, dengan menerbitkan surat jaminan pembebasan hutan yang mengatasnamakan presiden, lembaga negara, surat jaminan sertifikat bank indonesia atau surat berharga lainnya. Syaratnya, korban harus membayar sejumlah uang pendaftaran atau menjadi anggota perusahaan tersebut.
Penawaran ini belakangan muncul di beberapa daerah dengan mengatasnamakan pt. Swissindo world trust internasional orbit di cirebon dan koperasi pandawa mandiri grup di yogyakarta. Di kediri,sudah ada tiga nasaban perbankan yang telah menerima penawaran serupa, dan nyaris menjadi korban.
Kepala bank indonesia perwakilan kediri joko raharto menegaskan, praktek tersebut tidak dibenarkan karena tidak sesuai dengan mekanisme pelunasan kredit yang lazim berlaku. Terkait sertifikat bank indonesia atau surat berharga lainnya yang diduga dikeluarkan oleh bank indonesia pihaknya menyatakan dokumen tersebut adalah palsu.

Bank indonesia bekerjasama dengan otoritas jasa keuangan dan penegak hukum dari kepolisian dan kejaksaan kini tengah mendalami praktek penipuan ini. Bagi masyarakat yang merasa menjadi korban, diharapkan segera melapor agar dapat segera ditindaklanjuti. Dari Kediri Budi Sutrisno.