DhohoTV - Sosial

Musim Penyakit Dbd Banyak Warga Yang Membeli Jambu Biji Matang Di Pohon Blitar

Oleh : redaksi Kamis, 12 Januari 2017

Keterangan : Sebuah kebun jambu biji milik warga di kabupaten blitar, ramai diserbu pembeli dari berbagai daerah. Mereka berburu buah jambu biji yang matang di pohon, untuk dibuat jus jambu yang berkhasiat menamba

Bagikan

Inilah kebun jambu seluas setengah hektar, milik mufid raharja 30 tahun, warga desa karangsono kecamatan kanigoro blitar, jawa timur. Belasan pohon jambu biji merah ini, terus berbuah lebat, sejak empat tahun lalu.
Di musim yang tidak menentu ini, buah jambu biji di kebun milik pemuda lajang ini, menjadi buruan warga dari berbagai daerah. Mereka memiliki beragam alasan, selian murah dan bergizi, mereka lebih mengutamakan manfaat jambu biji sebagai penambah trombosit untuk mencegah penyakit dbd.
Salah-satu pembeli mengaku,  ia sengaja membeli langsung di kebun buah jambu matang di pohon, yang masih segar. Karena, di lokasi ini, ia juga bebas memilih jambu biji, sesuai selera, maupun menikmati jus jambu yang disediakan pemiliknya.

Ide menanam jambu biji ini, berawal saat mufid menderita dbd tahun 2009 lalu. Berkat jus jambu biji yang dikonsumsi atas saran dokter, guru honorer di sekolah dasar ini akhirnya sehat kembali. Untuk menjaga kualitas buah dari ancaman ulat dan kebusukan,  ia memberikan plastik pembungkus pada buah, sejak masih kecil.
Kini, memasuki masa panen, setiap dua hari sekali jambu biji miliknya di ambil oleh tengkulak dari berbagai daerah, dengan harga rata-rata lima ribu hingga tujuh ribu rupiah per kilogramnya. Selain tengkulak, kini warga dari berbagai daerah juga menyerbu kebun jambu biji ini, untuk menikmati sensasi memetik sendiri buah matang di pohon, yang segar dan anti ulat, serta bermanfaat untuk penderita db ini. Dari Blitar Moh Aji.