DhohoTV - Sosial

DPRD Jatim Rekomendasikan Pemerintah Berikan Pelatihan Kediri

Oleh : redaksi Rabu, 11 Januari 2017

Keterangan : Tingginya harga cabai belakangan ini dikarenakan minimnya pasokan dari petani, akibat gagal panen. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, DPRD porvinsi jawa timur mendorong pemerintah agar memberikan

Bagikan

Anggota komisi b dprd provinsi jawa timur, siang tadi meninjau komoditas cabai, di pasar induk pare, kabupaten kediri. Sidak ini  dilakukan, untuk mengetahui penyebab tingginya harga cabai, yang belakangan ini telah meresahkan masyarakat.
Menurut sejumlah pedagang, tingginya cabai dikarenakan minimnya pasokan dari petani, setelah dilanda cuaca ekstrem sejak beberapa bulan terakhir. Akibatnya, hasil panen petani menurun 70 persen, serta kualitas cabai yang dihasilkan, kurang maksimal.

Dari hasil sidak dprd provinsi jatim akan mendorong pemerintah khususnya proponsi jawa timur  agar segera memberikan sekolah lapang petani terpadu, kepada para petani cabai. Sehingga, dengan demikian petani cabai dapat menjaga kualitas serta kuantitas hasil panen cabai, meski dilanda cuaca ekstrem.
Selain itu, para petani nantinya juga diharapkan untuk tidak sembarangan dalam memilih benih cabai yang ditanam. Di kediri sendiri, sebagai sentra pemasok cabai nasional, harga cabai saat ini masih terbilang tinggi, yaitu 80 ribu rupiah per kilogramnya. Dari Kediri Budi Sutrisno.