DhohoTV - Sosial

Cuaca Buruk Pembuat Gula Merah Mengaku Omsetnya Naik Blitar

Oleh : redaksi Selasa, 10 Januari 2017

Keterangan : Banyaknya permintaan masyarakat akan kebutuhan gula, menyebabkan harga gula sepekhan terakhir naik. Para produsen gula secara tradisonal mengaku, jika permintaan gula tersebut akibat datangnya musim h

Bagikan

Cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini, membuat harga gula merah tradisional di kabupaten blitar naik. Kenaikan disebabkan, karena agak kesulitan mendapatkan bahan-baku nira dari pohon kelapa. Selain itu, juga adanya peningkatan permintan dari konsumen.

Para produsen gula di wilayah bangsri kecamatan ngleggok kabupaten blitar, terpaksa menambah hasil produksinya guna memenuhi kebutuhan pasar. Saat ini harga gula merah naik menjadi 15 ribu perkilonya, dari harga awal 13-14 ribu.

Pihak pembuat gula merah tradisional, juga harus meningkatkan hasil produksinya, jika hari-hari biasa hanya 8 kwintal, kini harus membuat hingga 1 ton perharinya. Hasil gula produksi dari juana ini, di setor ke berbagai pasar tradisonal, di kabupaten blitar serta kota-kota di sekitar blitar. Dari Blitar Moh Aji.