DhohoTV - Sosial

Puluhan Petani Soso Demo Di Pemkab Blitar, Mendesak Pemerintah Menghentikan Pengalihan Hgu Bermasalah Blitar

Oleh : redaksi Jumat, 06 Januari 2017

Keterangan : Puluhan petani soso kabupaten blitar, jawa timur melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor pemerintah setempat, mendesak pemerintah dan dprd kabupaten blitar untuk menghentikan rencana pengalihan hgu

Bagikan

Sebab, pt kismo kini masih dalam proses hukum akibat dugaan korupsi, dengan membawa ketela, puluhan petani yang tergabung dalam front perjuangan petani mataraman (fppm), melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor pemerintah kabupaten blitar, jalan-raya kanigoro kamis siang.
Massa menuntut, agar pemerintah kabupaten blitar, menghentikan rencana pengalihan hgu pt kismo handayani ke investor lain. Pasalnya,pt kismo handayani saat ini masih dalam sengketa di pengadilan negeri blitar.
Massa juga membawa berbagai postr tuntutan, seperti stop penjualan tanah sengketa soso, tanah untuk rakyat harga mat, hentikan kriminalisasi petani.dalam orasinya, massa menilai pemkab blitar lamban melaksanakan intruksi presiden, terkait pembagian 12,7 hentar untuk petani.
Di kabupaten blitar sendiri, saat ini masih banyak perkebunan yang konflik dan belum di serahkan ke petani. Satu diantaranya di perkebunan soso di desa soso kecamatan gandusari kabupaten blitar. Massa juga meminta hak redist tanah di perkebunan milik pt kismo handayani selauas 368 hektar, yang sudah habis masa berlakunya pada akhir tahun 2010.
Para petani juga melakukan aksi makan srawut,atau makanan yang berbahan baku ketela pohon, sebagai bentuk penindasan kaum petani karena merasa terdzolimi hak-haknya. Karena terlalu miskin hingga tidak bisa beli beras.
Perwakilan massa kemudian diperskilahkan masuk, dan diterima oleh kesbanglinmas, bpn serta instansi terkait di pemerintah kab blitar. Dari Blitar Moh Aji .