DhohoTV - Sosial

Kebutuhan Pangan Meningkat Inflasi Kota Kediri 2016 Tembus 0,36 Persen Kediri

Oleh : redaksi Jumat, 06 Januari 2017

Keterangan : Meningkatnya harga sejumlah komoditas pangan di ujung tahun 2016 Mendongkrak laju inflasi di kota kediri hingga mencapai nol koma 36 Persen. Meski demikian, inflasi ini lebih rendah dari bulan yang

Bagikan

Inflasi di kota kediri ini dipengaruhi oleh kenaikan dan penurunan  Indek harga konsumen beberapa kelompok pengeluaran, antara lain,  Kelompok bahan makanan sebesar nol koma 81 persen, makanan jadi,  Minuman, rokok dan tembakau sebesar nol koma 38 persen, kelompok  Perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar nol 17 persen.
Selanjutnya kelompok kesehatan sebesar nol koma 20 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar nol koma 04  Persen dan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan  Sebesar 0 koma 52 persen. Dan satu-satunya kelompok yang  Mengalami penurunan hanya sanda sebesar nol koma 80 persen .
Komoditas yang memberikan sumbangan terbesar terhadap inflasi di kota kediri pada bulan desember 2016 ini adalah telur ayam, bensin, daging ayam, bayam, cabe rawit, rokok, tarif pulsa ponsel,angkutan antar kota dan kangkung. Pada bulan desember ini, harga sejumlah kebutuhan pangan memang mengalami peningkatan , karena  Faktor dua momentum hari besar yaitu, perayaan hari natal dan  Tahun baru.
Dari data badan pusat statistik kota kediri, kota ini menjadi satu  Dari delapan kota di jawa timur yang mengalami inflasi pada akhir tahun 2016, sebesar nol koma 36 persen. Namun, laju inflasi  Kota kediri ini tergolong terendah di jawa timur. Sementara kota  Yang mengalami inflasi dengan kenaikan tertinggi yaitu, kota  Jember ebesar nol koma 93 persen.
Menurut kepala badan pusat statistik, b-p-s, kota kediri ellyn brahmana, kota kediri, rendahnya inflasi di kota kediri  Berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di kota kediri. Kota  Kediri mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi di tahun 2015  Sebesar 5 koma 3 persen.
Di tahun 2017 ini, inflasi di kota kediri diprediksi bakal mengalami peningkatan. Penyebabkan, ada beberapa kelompok  Kebutuhan masyarakat yang bakal meningkat, diantaranya tarif dasar  Listrik dan pajak kendaraan bermotor. Dari Kediri Budi Sutrisno.