DhohoTV - Sosial

Hingga Malam Warga Memadati Kantor Bersama Samsat Nganjuk

Oleh : redaksi Jumat, 06 Januari 2017

Keterangan : Hingga malam, warga memadati kantor bersama samsat nganjuk, jawa timur. Mereka berbondong-bondong,melakukan pembayaran hingga malam hari,agar tidak terkena dampak kenaikan penerimaan negara bukan paja

Bagikan

Meski kondisi hujan, hingga malam ratusan warga silih berganti datang ke kantor bersam samsat nganjuk. Mereka nekat datang karena informasi kenaikan peneriman negara bukan pajak yang akan naik pda tanggal 6 januari.
Winarto, salah satu warga nganjuk yang ikut antri mengaku, ia sengaj amelakukan registrasi ulang kendaraan bermotornya pada malam hari, karena pada tanggal 6 januari ada kenaikan yang terjadi hingga tiga kalipat. Hal ini dilakukan karena ia bersama warga lain untuk mengirit biaya kendaraan.
 Terpisah, akp lembang, kasat lantas polres nganjuk yang dihubungi mengaku,banyak masyarakat yang mengira keniakan yang terjadi pada kendaraan bermotor, merupakan kenaikan pajak tahunan. Padahal menurut  pp no 60 tahun 2016 tentang penerimaan negara bukan pajak, yang mengalam ikenaikan adalah di bagian administrasinya,bukan pajaknya, seperti penerbitan s-t-n-k, yang semula kendaraan roda dua untuk pengurusan baru dan perpanjangan sebesar 50 ribu kini naik menjadi 100 ribu, sementara pajak kendaraannya masih tetap sama.
Selain penerbitan stnk, yang mengalami kenaikan yakni pengesahan s-t-n-k, penerbitan tanda nomor kendaraan, penerbitan b-p-k-b, penerbitan surat mutasi.  Ia juga menghimbau kepada masayarakt untuk tetap tenang terhadap kenaikan ini, karena sebenarnya secara akumulasi kenaikan yang terjadi tidak seluruhnya melainkan sebagian, seperti contoh jika dulu mengurus stnk habis 500 ribu, maka kenaikan yang terjadi tidak menjadi 1 juta, melainkan dikasaran 600 ribu saja, karena yng mengalami kenaikan adalah peneriman negara bukan pajak. Sementara pajak kendaraan bermotor masih tetap sama. Dari Nganjuk Komarudin.