DhohoTV - Sosial

Jelang Pemberlakukan Tarif Baru Dokumen Kendaran Bermotor , Warga Mengantre Di Kantor Samsat Tulungagung

Oleh : redaksi Kamis, 05 Januari 2017

Keterangan : Jelang diperlakukannya tarif baru tentang penerimaan negara bukan pajak dilingkungan polri , membuat warga beramai-ramai mendatangi kantor bersama samsat tulungagung , jawa timur , hingga menyebabkan

Bagikan

Di kantor bersama sistem administrasi satu atap , samsat , tulungagung , jawa timur , tidak seperti biasanya , nampak warga berjubel dan mengantre disetiap loket hingga tempat duduk yang telah disediakan oleh pihak samsat , para warga , harus rela mengantre hingga berjam-jam , menunggu giliran diprosesnya dokumen kendaraan bermotor .

Meski sebagian dari mereka , baru mengetahui akan diperlakukannya peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2016 tentang penerimaan negara bukan pajak dilingkungan polri pada tanggal 6 januari besok , mendatangi kantor bersama samsat , untuk mengurus dokumen kendaraan bermotor , meski belum jatuh tempo, karena tarif baru yang diberlakukan untuk kendaraan baik roda dua , tiga , maupun empat , naik lebih dari 100 persen . 
Sementara itu , pemberlakuan p-p nomor 60 tahun 2016 pengganti p-p nomor 50 tahun 2010 ini , akan diberlakukan terhadap pengurusan seluruh dokumen kendaraan bermotor , baik yang baru maupun untuk yang lama , yakni penerbitan s-t-n-k , pengesahan s-t-n-k , penerbitan s-t-c-k , penerbitan t-n-k-b , penerbitan b-p-k-b , penerbitan surat mutasi kendaraan bermotor keluar daerah , penerbitan s-t-n-k maupun t-n-k-b lintas batas negara , dan penerbitan nomor registrasi kendaraan bermotor pilihan .

Menurut kasatlantas polres tulungagung , a-k-p donny dwija romansa , wajar jika kantor samsat disesaki oleh warga , yang memanfaatkan momen sebelum diberlakukannya tarif baru dokumen kendaraan bermotor , untuk menghidari biaya administrasi yang lebih tinggi , shingga saat ini , pihaknya terus melakukan sosialisasi , kepada masyarakat .
Sedangkan untuk pajak tahunan , baik kendaraan bermotor roda dua , tiga maupun roda empat atau lebih , tidak ada tarif baru , dan diberlakukan tarif lama . Dari tulungagung nada wianto .