DhohoTV - Sosial

Harga Cabai Rawit Terus Melambung Tinggi Nganjuk

Oleh : redaksi Rabu, 04 Januari 2017

Keterangan : Harga cabai rawit di kabupaten nganjuk, jawa timur naik hingga 80 ribu perkilogram. Kenaikan di picu minimnya stok , karenma miniminya hasil panen di tingkat petani.

Bagikan

Harga cabai rawit kian hari harganya semakin melambung tinggi, seperti yang terjadi di pasar induk sukomoro, nganjuk. Dua minggu kemarin harga cabai rawit 50 ribu rupiah perkilogram, namun saat ini harga cabai rawit mengalami kenaikan hingga 75 ribu sampai 80 ribu perkilogramnya.
Harga tersebut di tingkat pasar induk, sementara di tingkat pengecer tembus hingga 100 ribu perkilogram. Subur salah satu penjual cabai rawit mebngaku, kenaikan itu terjadi sejak dua minggu yang lalu, dalam sehari kenaikan bervariasi mulai dari 3 ribu hingga 7 ribu tiap kilogramnya. Kenaikan harga cabai rawit di tentukan terhadap stok yang ada ditingkat petani.
Menurutnya dalam satu bulan terakhir stok cabai sangat minim, sehingga memicu keaniakan harga.
Sementara itu, menurut pembeli, naiknya harga cabai rawit membuatnya harus mengurangi jumlah pembelian, karena ia  harus membagi uang nya untuk kepentingan konsumsi yang lain.
Meski harga cabai rawit menbgalami kenaikan, harga cabai merah besar cenderung setabil harga cabai mereh besar di pasaran di angka 25 ribu hingga 27 ribu tiap kilogramnya. Dari Nganjuk Komarudin .