DhohoTV - Sosial

Musim Liburan Candi Penataran Blitar Dipadati Ribuan Wisatawan Blitar

Oleh : redaksi Selasa, 03 Januari 2017

Keterangan : Musim libur panjang, obyek wisata candi penataran di blitar, di padati ribuan wisatawan . Umumnya para pengunjung yang datang, adalah para wisatawan dari berbagai daerah , yang sengaja ingin mengetah

Bagikan

Musim liburan seperti ini, kawasan candi penataran yang menyimpan situs-situr bersejarah peninggalan kerajaan majapahit , selalu dibanjiri oleh ribuan wisatawan . Umumnya para pengunjung datang dengan membawa serta keluarga mereka untuk berwisata.

Candi penataran, yang dibangun pada tahun 1194 pada masa kerajaan majapahit, menyimpan banyak cerita sejarah.  Diantaranya, candi penataran ini pernah sebagai tempat menyimpan abu dari jasad raja rajasa, atau ken arok, yang merupakan pendiri kerajaan singosari.  Dan juga sumpah sakral mahapatih gajah mada, yakni sumpah palapa, yang menyatukan seluruh nusantara dalam kekuasaan kerajaan majapahit, diucapkan di candi penataran ini.

Menurut pihak pengelola candi , kenaikan jumlah wisatawan sudah mulai terlihat sejak awal musim liburan kemarin. Jika dibandingkan dengan hari-hari biasa , jumlah peningkatan wisatawan bisa mencapai 100 persen . Umumnya selain wisatawan dari berbagai daerah di jawa timur,  banyak juga para wisatawan dari luar pulau yang berkunjung ke candi ini.

Kawasan candi yang berdiri diareal seluas 14 ribu meter persegi tersebut, terletak 11 kilometer arah utara kota blitar , tepatnya berada didesa penataran kecamatan nglegok kabupaten blitar. Selain arca , didalamnya juga terdapat berbagai macam bangunan candi diantaranya, balai agung, candi anka tahun, candi induk dan juga patirtan. Dari Blitar, Moh Aji.