DhohoTV - Sosial

Uniknya Miniatur Skuter Dan Moge Dari Barang Bekas Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Selasa, 03 Januari 2017

Keterangan : Barang bekas, atau limbah aneka produk elektonik maupun otomotif , biasanya hanya di buang, dan tidak memiliki nilai ekonomis tinggi , namun di tangan orang kreatif di trenggalek , mampu di sulap menj

Bagikan


Siapa sangka aneka miniatur skuter , dan harley davidson yang unik ini , terbuat dari barang bekas . Miniatur ini , nampak sempurna dengan seluruh ornamen yang lengkap , mulai dari mesin , hingga detail perlengkapan skuter , dan harley davidson yang lain.  Aneka miniatur ini,  merupakan karya dari agung , warga kelurahan kelutan , kecamatan trenggalek , kabupaten trenggalek , jawa timur .

Semua bahan untuk membuat miniatur motor ini , merupakan barang bekas dari berbagai macam produk elektronik , mesin fotokopi , maupun limbah bengkel otomotif . Beberapa barang yang dimanfaatkan adalah kabel , kawat , timing belt , spon , klaker , serta press roll . Peralatan yang digunakan untuk membuat miniatur ini , juga cukup sederhana , mulai dari tang , gunting , lem , dan gerinda. 

Menurut agung , untuk membuat satu unit miniatur vespa ,biasanya membutuhkan waktu sekitar tiga jam ,mulai dari pemilihan bahan hingga finishing . Proses pembuatan dilakukan dengan penuh ketelitian , dan kehati-hatian , karena bahan yang tersedia harus dipadu-padankan , agar menyerupai bentuk asli dari skuter maupun motor harley davidson .

Setelah melalui serangkaian proses , miniatur pun terlihat begitu menawan , dan di jual mulai dari 150 ribu hingga jutaan rupiah , tergantung tingkat kerumitannya . Saat ini , miniatur dari barang bekas ini , telah dipasarkan hingga kesejumlah kota besar di tanah air , bahkan beberapa broker telah menjualnya hingga keluar negeri. 

Ide membuat aneka miniatur skuter , dan moge terinspirasi dari banyaknya barang bekas yang ada disekitar lingkungannya . Bahkan perajin ini , mengaku senang dengan karyanya , karena mampu membantu mengurangi dampak kerusakan lingkungan akibat limbah barang elektronik maupun otomotif . 

Sementara itu , salah seorang penggemar miniatur motor , mengaku tertarik dengan produk karya agung , karena unik dan mirip dengan motor yang asli. 

Agung-pun , berharap produk miniatur motor barang bekas ini , mampu menginspirasi warga yang lain , untuk lebih peduli terhadap lingkungan ,dengan memanfaakan barang bekas menjadi produk yang lebih berharga , dan bernilai ekonomis tinggi. Dari Trenggalek Nada Wianto .