DhohoTV - Sosial

Lestarikan Sumber Mata Air , Ratusan Warga Gelar Penghijauan Di Alas Kandung Tulungagung

Oleh : redaksi Jumat, 30 Desember 2016

Keterangan : Untuk menjaga kelestarian hutan , dan mencegah musibah banjir , maupun tanah longsor , ratusan warga dari berbagai komunitas , di tulungagung , jawa timur melakukan penghijauan dikawasan hutan lindun

Bagikan

Penghijauan dikawasan hutan lindung alas kandung , desa tanen , kecamatan rejotangan , tulungagung , jawa timur , yang di inisiasi oleh lembaga masyarakat desa hutan , l-m-d-h , kandung makmur  ini , diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai komunitas dan organisasi , mulai dari komunitas motor r-x king , komunitas facebook i-c-t , l-m-d-h desa sekitar , dan perhutani k-p-h blitar .

Penghijauan dilakukan di hutan lindung dilahan seluas 11 hektar , di petak 27 i , r-p-h tanen , d-k-p-h rejotangan , k-p-h blitar ini , dengan menanam 18 ribu berbagai jenis tanaman . Selain menanam  , tanaman jenis sengon , trembesi , dan aren , penghijauan ini , lebih difokuskan dengan menanam tanaman buah , seperti duren , alpokat , salak , dan berbagai tanaman buah lainnya .

Selain untuk mencegah musibah banjir , maupun tanah longsor , penghijauan ini , juga bertujuan untuk meningkatkan debit air , dari mata air yang berada di kawasan alas kandung . Selain itu , kedepannya kawasan ini , akan dikembangkan menjadi agro wisata , karena jika berbuah , buahnya dapat dinikmati pengunjung , serta diharapkan dapat menarik kembali , berbagai satwa penghuni hutan , untuk kembali menempati habitatnya , di alas kandung .

Dikawasan hutan lindung tanen ini , terdapat dua sumber air , yakni sumber air lanang dan sumber air wadon , yang dimanfaatkan sebagai air minum yang dikelola p-d-a-m , dan menyuplai kebutuhan air warga , sekecamatan rejotangan ,  serta untuk irigasi sawah , seluas 212 hektar , di lima desa , yakni desa tanen , sumber agung , jati dowo , banjar rejo , dan tegal rejo. Dari Tulungagung Nada Wianto .