DhohoTV - Sosial

Harga Sembako Naik Jelang Perayaan Natal Dan Tahun Baru Kediri

Oleh : redaksi Jumat, 23 Desember 2016

Keterangan : Jelang perayaan natal dan tahun baru harga kebutuhan pangan di kota kediri, sejak sepakan terakhir terus naik. Kenaikan harga tertinggi pada cabe rawit mencapai 20 ribu perkilonya, kenaikan harga ini

Bagikan

Harga sejumlah kebutuhan pangan di pasar paing kota kediri, sejak seminggu terakhir jelang natal dan tahun baru terus merambat naik. Kenaikan tertinggu terjadi pada cabe rawit, dari 50 ribu perkilogramnya kini menjadi 70 ribu rupiah perkilogrmanya.

Harga sejumlah sayuran juga naik seperti kentang naik dari 10 menjadi 12 ribu perkilogram, sawi putih naik dari 8 menjadi 10 ribu, bawang merah naik dari 27 menjadi 32 ribu, dan wortel naik 10 menjadi 12 ribu perkilogrmanya, sementara harga cabe merah turun dari 35 menjadi 27 ribu perkilo.

Sedang harga beras kwalitas medium naik dari 8 ribu 500 menjadi 9 ribu, kwalitas bagus naik dari 9 ribu menjadi 9 ribu 500 , minyak goreng curah naik dari 11 ribu menjadi 12 ribu perkilogramnya, telor naik dari 16 menjadi 21 ribu rupiah perkilo.

Untuk daging ayam naik dari 27 ribu menjadi 29 ribu rupiah perkilogrmanya, sedang harga daging sapi stabil di harga 95 ribu rupiah perkilogrmanya. Akibat naiknya harga pangan ini membuat omset pedagang turun dari perhari 3 juta saat ini hanya 2 juta rupiah , karena pembeli menguragi jumlah pembelian, akibat harga yang naik.

Sementara naiknya harga juga membuat ibu rumah tanggah harus pandai membagi uang belanja, untuk mengatasi uang belanja bisa mencukupi mereka harus membeli kabutuhan yang dianggap perlu, dengan jumlah yang dikurangi.

Naiknya harga pangan ini diperkirakan oleh pedagang akan terus terjadi hingga perayaan natal dan tahun baru berakhir. Dari kediri , Budi Sutrisno .