DhohoTV - Sosial

Fenomena Tanah Gerak , Muncul Danau Baru Di Areal Pesawahan Warga Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Senin, 19 Desember 2016

Keterangan : Fenomena alam pergeseran tanah yang terjadi di desa terbis , kecamatan panggul , kabupaten trenggalek , jawa timur , menyebabkan sejumlah tanah diperkampungan , dan persawahan warga menjadi ambles , s

Bagikan

Danau berukuran lebih dari 20 meter ini , muncul di area persawahan yang ada di dekat perkampungan warga di kawasan bencana tanah retak , di desa terbis , kecmatan panggul , kabupaten trenggalek , jawa timur . Lahan sebelumnya merupakan area sawah milik warga ini , tiba-tiba ambles , setelah terdampak oleh pergeseran tanah .

Menurutnya warga , selain ambles , lokasi tersebut muncul air , sehingga membentuk kubangan mirip danau . Keberadaan danau baru ini , menjadi daya tarik warga untuk mendatangi lokasi tersebut , meski oleh pemerintah setempat , di larang mendekati kawasan yang termasuk zona berbahaya , yang sewaktu-waktu terjadi retakan susulan, atau longsor .

Meski demikian , keberadaan danau ini juga menjadi kekhawatiran tersendiri bagi warga yang ada disekitar lokasi kejadian , karena di posisinya berada di tengah-tengah kawasan bencana tanah retak . Sehingga air yang ada di danau dimungkinkan akan meresap kedalam retakan tanah dan bisa memicu terjadinya pergerakan tanah yang lebih parah .

Bahkan tanda-tanda tersebut kini sudah mulai terjadi , sejumlah pepohonan yang ada di sekitar danau ambruk , selain itu konidisi tanah juga mengalami retakan-retakan besar .

Sebelumnya bencana alam pergerakan tanah terjadi di desa terbis , kecamatan panggul  , menyebabkan 10 rumah warga hancur dan puluhan yang lain retak-retak . Selain itu , jalan poros utama desa juga hancur dan tak dapat dilewati semua jenis kendaraan . Dari Trenggalek , Nada Wianto .