DhohoTV - Sosial

Seniman Mancanegara Bawakan Tari Panji Masa Kerajaan Kediri

Oleh : redaksi Senin, 12 Desember 2016

Keterangan : Untuk mengapresisasi cerita panji era kerajaan kediri, minggu pagi tiga seniman tari asal amerika dan mexico mengelar tari berkolaborasi dengan seniman indonesia, di pelataran goa selomangleng kota ke

Bagikan

Pertunjukan kesenian tari panji ini di laksanakan di pelataran depan goa selomangkleng kota kediri, tiga seniman asal amerika, julie nathaniels berkola borasi dengan daeng misbakh asal surakarta, sedangkan  leon asal mexico berkolaborasi dengan penari dari padepokan lemah putih. Kedua tarian kontemporer ini sama sama membawakan cerita dewi sekartaji, pada masa kerajaan kediri.

Kolaborasi gerakan tari julie nathaniels yang selaras dengan suara seruling daeng misbakh, membuat pengunjung wisata goa selomangleng terpesona. Begitu juga dengan kolaborasi leon dengan penari padepokan lemah putih, yang menceritakan tentang proses menitisnya roh suci dewi sekartaji kepada sifat manusia agar masyarakat bisa rukun, dan mempunyai rasa persaudaraan antar sesama.   
 
Tarian ini menceritakan, tentang roh suci dewi sekartaji yang di undang dengan mantra-mantra dari mexico, kemudian ia turun ke bumi dan mendengar doa-doa dari mahluk yang ada di bumi , mendengar doa tersebut kemudian roh suci dewi sekartaji mensucikan diri dan merubah wujudnya menjadi manusia.

Penari dari manca negara yang berkolaborasi dengan seniman indonesia ini, sengaja tampil sebagai apresiasi cerita panji jaman kerajaan kediri, yang menceritakan kepahlawanan dan cinta yang berpusat pada tokoh panji asmorobangun dengan dewi sekartaji, yang sudah dikenal hingga manca negara.

Pertujukan ini, disambut baik warga kota kediri, mereka mengaku senang dengan pertunjukan tersebut, karena bisa melestarikan kebudayaan lokal. Pengunjung mengaku pertunjukan seperti ini harus lebih sering digelar, karena bisa dijadikan edukasi kepada ana-anak penerus generasi bangsa, agar tidaklupa dengan budaya nenek moyang.

Pagelaran kesenian yang menampilkan seni lokal di kawasan wisata goa selomangleng ini kerap digelar, seperti seni jaranan, selain untuk menarik pengunjung, juga untuk melestarikan budaya lokal khususnya seni kediri. Dari Kediri habibul muntaha.