DhohoTV - Sosial

Tebing Bukit Longsor , Jebol Dinding Rumah Warga Serta Lima Rumah Lain Retak Retak Tulungagung

Oleh : redaksi Jumat, 09 Desember 2016

Keterangan : Di guyur hujan deras , tebing bukit di tulungagung , jawa timur , longsor , menimpa sebuah rumah warga hingga jebol , dan menyebabkan sejumlah rumah , mengalami retak-retak . Meski khawatir akan longs

Bagikan

Tanah longsor yang terjadi di desa tanen , kecamatan rejotangan , tulungagung , jawa timur , mengakibatkan dinding rumah seorang warga jebol , di terjang material longsor , berupa tanah dan bebatuab , dan lima rumah warga lainnya , mengalami retak-retak , dan terancam ambruk .

Menurut sutini , pemilik rumah yang dindingnya jebol , longsor terjadi , setelah di guyur hujan deras , menyebakan tebing bukit setinggi 10 meter , yang berada di belakang rumahnya longsor , dan menerjang dinding rumah bagian belakang hingga jebol . Longsor kali ini , merupakan longsor untuk ketiga kali , menimpa rumahnya , dan menyebabkan sutini , kehilangan tiga ruangan rumahnya .

Selain menerjang rumah , longsor juga mengakibatkan lima rumah warga lainnya , mengalami retak retak . Keretakan paling parah menimpa rumah milik setat , yang berada tepat di atas bukit , karena tanah di bawah rumahnya amblas , dan hampir seluruh ruangan rumah , mengalami retak , sehingga posisi lantai menjadi miring .

Meski khawatir terjadi longsor susulan , namun  sebagian warga enggan mengungsi ketempat yang lebih aman , dan tetap nekat menempati rumahnya , karena tidak ada tempat lain untuk ditempati .

Struktur tanah di desa tanen , saat ini kondisinya labil , dan telah berulang kali longsor , di tahun 2001 lalu , sebanyak 14 kepala keluarga , telah pindah  ketempat yang lebih aman . Sementara , sebagian warga memilih bertahan , karena tidak memiliki lahan di tempat lain untuk membangun rumah .Dari Tulungagung Nada Wianto .