DhohoTV - Sosial

Cuaca Buruk , Sejumlah Harga Bahan Pangan Terutama Sayuran Mengalami Kenaikan Tulungagung

Oleh : redaksi Kamis, 08 Desember 2016

Keterangan : sejak tiga hari terkahir , harga sejumlah sayuran di tulungagung , telah mengalami kenaikan , rata-rata 2 ribu hingga 6 ribu rupiah per kilogram , dan kenaikan ini , di picu karena sentra penghasil sa

Bagikan

di pasar grosir ngemplak tulungagung , sejak tiga hari terakhir , harga sejumlah sayuran telah mengalami kenaikan , dan kenaikan rata-rata 2 ribu hingga 6 ribu rupiah per kilogram . kenaikan harga yang paling mencolok , terjadi pada cabai rawit , yang sebelum hanya 32 ribu per kilogram kini menjadi 48 ribu rupiah .

selain cabai rawit , harga sawi putih yang semula 6 ribu kini menjadi 8 ribu rupiah per kilogram , kol atau gobis semula seharga 8 ribu kini 10 ribu , tomat sayur sebelumnya 6 ribu kini 8 ribu , tomat buah semula 8 ribu kini menjadi 10 ribu , dan bawang putih dari harga 32 ribu kini 37 ribu rupiah per kilogram .

menurut salah seorang pedagang sayuran di pasar grosir ngemplak , kenaikan harga sayuran ini , di picu karena di beberapa sentra penghasil sayuran , mengalami gagal panen , yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi , sehingga pasokan yang di terima pedagang sayuran , sangat minim , dan kualitasnya jelek . diperkirakan harga sayuran , akan terus mengalami kenaikan , seiring menjelang datangnya perayaan natal dan tahun baru .

tidak hanya harga sayuran yang mengalami kenaikan , namun sejumlah harga kebutuhan pangan lainnya , seperti gula pasir , telur ayam ras , minyak goreng curah , dan daging ayam ras , juga mengalami kenaikan . untuk gula pasir yang semula seharga 12 ribu rupiah per kilogram menjadi 12 ribu 5 ratus rupiah , telur ayam ras semula 15 ribu menjadi 17 ribu , minyak goreng curah mutu sedang semula 10 ribu 5 ratus menjadi 11 ribu 5 ratus , dan minyak goreng curah mutu bagus semula 12 ribu 5 ratus menjadi 13 ribu 5 ratus rupiah per kilogram .  

sedangkan untuk daging sapi , meski saat ini tidak mengalami kenaikan , namun harganya masih relatif tinggi , yakni 115 ribu rupiah per kilogram . dari Tulungagung , Nada Wianto .