DhohoTV - Sosial

Tanah Retak Semakin Meluas , 16 Kepala Keluarga Mengungsi Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Kamis, 08 Desember 2016

Keterangan : tanah retak di kabupaten trenggalek , terus meluas , titik tanah retak muncul disejumlah kecamatan . di kecamatan gandusari , kondisi retakan tanah semakin mengkhawatirkan , sehingga memaksa 16 kepala

Bagikan

di dusun kedekan , desa wonoanti , kecamatan gandusari , kabupaten trenggalek ,kondisi retakan tanah di pemukiman warga semakin parah , dinding dan lantai rumah warga mengalami retak hingga lebih dari 10 centimeter , dan retakan tanah ini , mulai terjadi selama 2 pekan terakhir .

jumlah rumah yang terdampak pergerakan tanah di dusun kedekan ini , mencapai 16 rumah , bahkan salah satu rumah warga , terpaksa harus dibongkar , karena kondisinya nyaris roboh .
saat ini , warga mulai takut untuk menghuni rumah masing-masing . pada malam hari , warga perempuan memilih mengungsi kerumah tetangga yang kondisinya lebih aman .
 
fenomena pergerakan tanah , juga terjadi diperbukitan di desa jajar , kecamatan gandusari . di lokasi ini , sejumlah titik , mengalami amblas hingga kedalaman satu setengah meter . panjang rekahan tanah , dikawasan perbukitan ini , mencapai lebih dari 100 meter  . sejumlah , warga khawatir semakin parah , dan megancam perkampungan yang ada dibawahnya .

sebelumnya kondisi tanah retak , juga terjadi disejumlah kecamatan , seperti kecamatan bendungan , tugu , suruh , trenggalek , dongko , pule , dan kecamatan panggul . kondisi terparah , terjadi di desa depok kecamatan bendungan , di lokasi tersebut , 144 warga terpaksa mengungsi ke tenda darurat . dari Trenggalek Nada Wianto .