DhohoTV - Sosial

Salah satu sekolah dasar negeri di kediri menerima siswa berkebutuhan khusus Kediri

Oleh : redaksi Selasa, 06 Desember 2016

Keterangan : Sebuah Sekolah Dasar Negeri Di Kediri Jawa Timur, Menerima Siswa Yang Berkebutuhan Khusus, Meskipun Belum Memiliki Tenaga Pendidik Yang Khusus Untuk Namun Sekolah Umum Ini Sedah Banyak Menampung Muri

Bagikan

Berdakan Sistem Pendidikan Nasional, Bahawa Setiap Warga Negara Berhak Mendapatkan Pendidikan Yang Sama, Karena Itu Saat Ini Bayak Anak-Anak  Yang Berkebutuhan Khusus Tidak Sekolah Di Slb,  Mereka Cenderung Sekolah   Di Sekolah Umum , Seperti Yang Dialami Sekolah Dasar Negeri Betet 1 Kota Kediri,  Menjadi Satu-Satunya Sekolah Dasar Negeri Yang Telah Menerapkan Sistem Pendidikan Inklusi Yaitu , Menggabungkan Siswa Reguler Dengan Pelajar Berkebutuhan Khusus Dalam Satu Proses Pembelajaran .

Saat Ini Sdn Betet 1 Merupakan Sekolah Inklusi Terbesar Di Jawa Timur . Dari  338 Orang Siswanya, 70 Orang  Siswa Diantaranya Berkebutuhan Khusus. Mereka Berasal Dari Berbagai Latar Belakang Mulai Dari Tuna Rungu , Tuna Wicara Hingga Autis . Namun Dari Segi Kecerdasan , Tingkat I-Q Mereka Diatas 70 . Siswa Disini Pun Tak Hanya Asli Warga Kota Kediri , Melainkan Juga Dari Daerah Lain Seperti Kabupaten Kediri , Hingga Kabupaten Tulungagung .

Ada Dua Sistem Pembelajaran Yang Diterapkan Yaitu , Kedua Golongan Siswa Digabung Dan Dipisahkan . Kegiatan Belajar Dilakukan Di Dalam Ruangan Dan Diluar Ruangan . Untuk Mendukung Terselenggaranya Sistem Pembelajaran , Guru Dituntut Menjadi Pendidik Utama Dan Juga Pendamping Khusus Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus . Sehingga Tidak Heran Apabila , Jumlah Guru Lebih Banyak Dari Sd Lain . Ada 38 Orang Guru , Dimana 12 Diantaranya Merupakan Tenaga Sukarelawan Yang Direkrut Sekolah Untuk Membantu Mendidik .

Meskipun Dari Sisi Jumlah Lebih Banyak , Namun Seluruh Guru Sdn Betet 1 Bukanlah Lulusan Pendidik Luar Biasa . Itu Sebabnya , Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Yang Ada Terkadang Mereka Kesulitan . Banyak Guru Yang Akhirnya Mencari Ketrampilan Di Luar , Bahkan Ada Yang Sampai Magang Di Sekolah Luar Biasanya . Selain Itu , Saranan Dan Prasana Pendukung Pembelajaran Juga Terbilang Minim .

Sekolah Inklusi Sdn Betet 1 Ini Lahir Dari Amanat Undang-Undang Dasar 1945 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dan Tingginya Minat Masyarakat Untuk Menyekolahkan Anaknya Di Sekolah Reguler . Sebab , Selama Ini Banyak Orang Tua Wali Murid Yang Merasa Terstigma Negatif Ketika Anaknya Harus Masuk Di Sekolah Luar Biasanya.

Pemerintah Kota Kediri Melalui Dinas Pendidikan Setempat Akan Mengembangkan Sekolah Inklusi Merata Di Tiap-Tiap Kecamatan . Disdik Juga Tengah Mempersiapkan Jejang Pendidikan Diatasnya Yaitu , Sekolah Menengah Pertama Inklusi Negeri .Dari Kediri Budi Sutrisno .