DhohoTV - Sosial

Tebing Bukit Longsor Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Selasa, 06 Desember 2016

Keterangan : Tebing bukit longsor yang berskala besar terjadi di kabupten trenggalek , akibatnya dua rumah warga rusak tertimpa material longsor . Kejadian tanah longsor tersebut , sempat terekam oleh kamera handp

Bagikan

Detik-detik tanah longsor yang terjadi di dusun oro-oro ombo , desa nglinggis , kecamatan tugu , kabupaten trenggalek , dan sempat terekam kamera handphone milik warga setempat . Tebing bukit setinggi 60 meter , tiba-tiba ambrol yang disertai material batu .  
Longsor ini , menimpa dua rumah warga , bahkan satu rumah mengalami rusak parah . Untuk mengindari kerugian yang lebih besar , puluhan anggota gabungan dari kepolisian , perhutani , dan masyarakat melakukan evakuasi terhadap perabot rumah tangga , milik  nurhandik . Tim gabungan bergotong-royong , mengeluarkan seluruh barang yang ada di dalam rumah , mulai dari meja , kursi , almari , maupun perabot rumah tangga yang lainnya .
Evakuasi ini , dilakukan  karena kondisi rumah cukup parah , tembok bagian belakang , dan samping hancur tertimpa tanah dan batu , bahkan satu kamar tidur , jebol penuh dengan tanah .
Sementara itu , pemilik rumah , nurhandik , mengaku sebelum terjadi longsor besar , sempat beberapa kali terjadi longsoran kecil . Saat itu , dirinya mendengar suara gemuruh dari tebing yang ada di belakang rumah , dan langsung berlarian menyelematkan diri bersama anggota keluarganya .  
Dari kejadian tersebut , sebagian rumahnya hancur tertimbun material longsor . Bahkan saat ini , sebuah batu berdiameter lebih dari 5 meter , telah berada di belakang rumahnya , yang sewaktu-waktu dapat mengancam jiwa dirinya dan keluarganya .
Camat tugu , rudijato , mengaku untuk proses pemebersihan material longsor tidak mungkin dilakukan dengan menggunakan tenaga manual , karena jumlah material longsor cukup besar , dengan ketebalan lebih dari tiga meter .
Rumah yang tertimpa tanah longsor ini  , merupakan milik warga terdampak pembangunan bendungan tugu , dan baru di bangun setahun lalu . Sebelumnya lokasi perumahan warga berada di kawasan proyek bendungan . Dari Trenggalek Nada Wianto.