DhohoTV - Sosial

Pengungsi Korban Tanah Retak Mulai Terserang Penyakit Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Jumat, 02 Desember 2016

Keterangan : Para pengungsi korban tanah retak di trenggalek , jawa timur , mulai terserang penyakit , beberapa penyakit yang paling banyak diderta diantaranya flu , batuk , dan tekanan darah tinggi . Untuk mengat

Bagikan

Sejumlah pengungsi tanah retak di desa depok , kecamatan bendungan , kabupaten trenggalek , jawa timur , mendatangi posko kesehatan yang ada , untuk mendapatkan pelayanan pengobatan . Para pengungsi yang didominasi oleh wanita dewasa dan lansia ini , rata-rata mulai mengeluhkan terserang penyakit , diantaranya flu , batuk , dan tekanan darah tinggi .

Salah seorang pengungsi , mengaku mengeluhkan pusing sejak beberapa hari terakhir . Selain pusing , sejumlah pengungsi , mengalami insomnia , atau kesulitan tidur di tenda pengungsian .

Sementara itu , petugas kesehatan , mengatakan kondisi lokasi pengungsian yang serba terbatas , cukup mempengaruhi kesehatan maupun psikologis para pengungsi , sehingga sejumlah warga yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi banyak yang kambuh .

Sedangkan , penyakit yang paling banyak ditangani di posko kesehatan , adalah flu , dan batuk , hal ini sangat wajar terjadi , karena lokasi pengungsian , di huni oleh ratusan jiwa , sedangkan penyakit flu dan batuk , mudah menular ke sesama warga .

Hingga hari ke delapan , tim kesehatan , memastikan sebagian besar pengungsi dalam kondisi sehat , serta tidak menemukan pengungsi yang mengalmi sakit keras , membutuhkan perawatan intensif .

Dari data di pemerintah desa depok , jumlah warga yang mengungsi di tenda pengungsian maupun rumah-rumah warga , akibat tanah retak , mencapai 47 kepala keluarga atau sekitar 144 jiwa . Jumlah tersebut , di prediksi akan bertambah , karena sejumlah rumah warga , saat ini mulai mengalami retak-retak . Dari trenggalek , Nada Wianto .