DhohoTV - Sosial

Dapur Umum Kewalahan Layani Ratusan Pengungsi Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Jumat, 02 Desember 2016

Keterangan : Tim dapur umum taruna siaga bencana , tagana , kabupaten trenggalek , jawa timur , mulai kewalahan melayani ratusan pengungsi , korban tanah retak yang ada di desa depok , kecamatan bendungan . Sejum

Bagikan

Sejak hari pertama pengungsian , pemerintah kabupaten trenggalek , jawa timur , di nilai kurang memberikan dukungan maksimal terhadap keberadaan dapur umum untuk para pengungsi , korban tanah retak di desa depok , kecamatan bendungan . Sejumlah kebutuhan pendukung utama dapur umum , seperti bahakan bakar gas , sayur mayur , maupun bumbu dapur , tidak tersedia .

Koordinator tagana trenggalek , teguh suryanto , mengatakan kesulitan kebutuhan gas di lokasi pengungsian , saat ini cukup tinggi , karena jumlah warga yang berada dipengungsian mengalami peningkatan , dari sebelumnya hanya 16 kepala keluarga , kini menjadi 47 kepala keluarga , atau sekitar 144 jiwa .

Pihaknya berharap , pemerintah yang berwenang menyediakan logistik dapur umum untuk pengungsi lebih tanggap , sehingga tim yang ada di lapangan , tidak sampai mengalami kesulitan untuk melayani warga .

Sementara itu , camat bendungan , nur kholiq , mengaku bahwa pihak kecamatan , juga kesulitan mendapatkan akses dana taktis untuk penanganan korban bencana tanah retak yang ada di wilayahnya . Untuk menyisati kondisi tersebut , pihaknya menhubungi sejumlah komunitas diberbagai daerah untuk menyalurkan bantuan untuk pengungsi .

Pengungsi tanah retak di desa depok , kecamatan bendungan , ini sebanyak 47 kepala keluarga , atau 144 jiwa . Para peengungsi tersebut , menghuni lokasi penampungan  atau pengungsian yang disediakan pemerintah di lapangan desa setempat , sejak sepekan terakhir . Dari Trenggalek , Nada Wianto .