DhohoTV - Sosial

Pengungsi Korban Longsor Terus Bertambah Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Kamis, 01 Desember 2016

Keterangan : Jumlah pengungsi korban tanah longsor di trenggalek , jawa timur , terus bertambah , hingga kini tercatat sebanyak 47 kepala keluarga yang mengungsi dari awalnya hanya 16 kepala keluarga . Warga , me

Bagikan

Hingga saat ini jumlah warga desa depok , kecamatan bendungan , trenggalek , jawa timur , yang menghuni lokasi pengungsian maupun di rumah-rumah warga sebanyak 47 kepala keluarga . Kondisi tersebut , mengalami peningkatan tajam di banding awal pengungsian , yang hanya 16 kepala keluarga.

Menurut warga , bertambahnya jumlah pengungsi ini , dipengaruhi oleh kondisi retakan tanah disekitar perkampungan warga semakin parah dan meluas . Kondisi retakan tanah , terjadi hampir menyeluruh , mulai dari teras hingga bagian belakang rumah . Warga , mengaku tidak berani menghuni rumahnya masing-masing pada malam hari , karena takut roboh .

Sementara itu , kepala desa depok , suroso  , mengatakan retakan tanah diperkampungan warga ini , mencapai hampir 5 hektare , dan pemerintah desa , mengaku belum bisa berbuat banyak terkait kondisi tersebut . Saat ini , pemerintah masih berusaha mencari solusi penanganan jangka panjang bersama sejumlah pihak terkait .

Menurutnya , salah satu solusi terbaik untuk menyelamatkan ratusan warga desa depok  , adalah relokasi maupun transmigrasi . Khusus untuk relokasi , pihakya mengaku akan mengalami kesulitan , mengingat sebagian besar wilayah depok merupakan pegunungan , dan dikuasai oleh perhutani  .  

Para pengungsi ini , telah berada di lokasi pengungsian selama tujuh hari , mereka terpaksa meninggalkan rumah pada malam hari , karena takut terjadi longsor susulan yang lebih parah . Dari tanah longsor yang terjadi , seminggu yang lalu , tercatat 3 rumah warga yang hancur total . Dari Trenggalek Nada Wianto .